Jumat, 10 Januari 2014

LBT # 29 3rd Anniversary





Yeey…Alhamdulillah LBT udah masuk tahun ketiga, ikutan senaaang. Meski saya telat bergabungnya alias member baru. Bisa menemukan grup ini seperti menemukan surge makanan hehehe #hiperbola. Yup, secara saya suka banget bikin kue sejak SMA, hanya saja dulu alat dan bahan terbatas. Belum tahu banyak soal variasi baking.



Dari LBT ini makin mengasah pengetahuan saya tentang prebaking-an hehe. Kali ini cake ultahnya bikin yang simple aja. Awalnya sih sudah memilih-milih ide mau bikin apa untuk PR yang bertepatan dengan ultahnya LBT. Eh tiga hari yang lalu ada orderan pie susu jumbo buat ultah mamanya customer saya. Berhubung masih banyak sisa adonannya. Kenapa gak, sekalian bikin buat PR LBT.


Saya pakai resep modifikasi dua orang , Mbak Ricked an Pak Dedy Rustandi. Untuk toppingnya saya ganti suka-suka, biasa buat jualan kan lebih seringnya buah ataupun keju, kali ini saya topping pakai coklat warna-warni. Hasilnya? Menarik hihihih.  tapi sempat insiden kecil pas mencetak coklat untuk ucapan selamatnya, saya terlalu bersemangat sehingga lapisan biru yang belum padat betul tergores sendok jadi tercampur dengan pink sedikit hihihihi, but tetap cantik kan? #maksa xixixix 
Berikut resepnya.







Pie Susu
Bahan kulit :
300 gram margarine atau butter
2 sdm gula halus (muncung)
3 butir kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang
½ sdm susu bubuk
Bahan isi :
500 ml susu UHT
6 butir kuning telur
½ kaleng skm
30 gram tepung custard
Vanili bubuk secukupnya

Bahan Topping:
100 gram coklat masak warna biru
100 gram coklat masak warna pink

Cara membuat :
Kulit: Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata.
Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung.
Cetak dalam cetakan pie yang sudah  diolesi tipis dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.

Isian :
Campur susu uht, skm, aduk rata. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas, aduk rata.
Masukkan tepung custard dan vanilla, aduk rata. Saring.
Tuang filling  ke dalam adonan kulit yang sudah dicetak sampai penuh. Panggang dalam oven suhu 160 derajat celcius selama 45 menit hingga filling set dan menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan.

Topping :
lelehkan coklat biru dan pink, cetak dengan cetakan coklat bentuk love kecil, masukkan frezeer 10 menit, keluarkan dan hias di atas filling pie susu.

Alhamdulillah, kata suami dan konsumen saya pienya enaak dan mantap.
Well, happy birthday LBT, semoga kedepannya makin jaya, kompak , makin baik menelurkan ide-ide PR prebaking-annya  dan makin bermanfaat sehingga makin bertambah ilmu para membernya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar