Sabtu, 21 Maret 2015

American Risoles

Pemanasan.

Alinea pembukanya agak serem ya, apa coba yang mau dipanasin? hihihi. Tetapi ada benarnya juga lho, maksud saya buat pemanasan ngeblog lagi. Sudaah lama gak serius update blog gegara orderan beruntun dan gak ada asisten yang bantuin. Sehingga waktu full handle orderan. Mulai dari belanja sampai ke tangan customer.

Kebetulan Minggu ini lumayan longgar beberapa hari, jadilah saya mencoba bikin amris ini. Bisa dibilang saya orang yang ketinggalan update ilmu perbakingan. Maksudnya, sewaktu amris ini booming disebuah grup, sayanya gak latah alias lempeng saja menyimak. Nah, Minggu depan saya ada orderan snack box yang salah satunya jenis kue basah ini.
Saya coba browsing ke blog mbak Ricke, yuhuuy ketemu deh sama resepnya. Ada yang saya ganti bahannya karena pas kehabisan. Berikut resepnya saya tulis ulang ya.

American Risoles

Resep: Ricke Indriani

Bahan kulit :

100 gr tepung terigu protein tinggi
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk (saya pakai pala bubuk )
1 butir telur
300 ml susu cair
1/2 sdm margarin dilelehkan atau 1 sdm minyak goreng

Bahan isian :

Smoked beef diiris atau sosis diiris memanjang
Keju cheddar, dipotong memanjang
Telur rebus, dipotong memanjang
Selada bila suka
Mayoinase

Bahan pelapis :
1 butir telur
1 butir putih telur
Tepung panir atau bread crumb secukupnya.

Bahan pelengkap
Saus tomat
Saus sambal


Cara membuat :
1. Ayak terigu dan taruh dalam wadah. Beri garam dan merica/ pala bubuk, aduk rata. Buat lubang ditengahnya. Masukkan telur, aduk rata dengan hand whisk. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan benar-benar mulus dan tidak bergerindil. saring bila perlu. Tambhakan margarin cair, aduk rata.
2. Panaskan wajan datar anti lengket dengan api kecil. Buat dadar tipis-tipis ( sekitar satu sendok sayur).Masak sebentar sampai permukaannya tidak lengket. Angkat, lakukan sampai habis.
3. Ambil selembar kulit, tata isian, lipat dan gulung, lakukan sampai habis.
4. Gulingkan ke tepung panir, kemudian celukan dalam kocokan telur, gulingkan kembali ke tepung panir. Lakukan sampai habis.
5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kuning kecoklatan. lakukan hingga habis. Angkat dan tiriskan. Hidangkan dengan saus tomat dan saus sambal.

Alhamdulillah, berhasil dan enak. Hanya saja kata suami kurang asin. Secara mayoinase-nya juga cuma sedikit hehehe.


2 komentar:

  1. kesasar deh, langsung comment deh
    American Risoles nyamantab tuh, jadi pengen deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah kesasar di sini, bakalan ngiler terus mas kalau nyasar di sini hihih

      Hapus