Sabtu, 14 Februari 2015

Sushi Bread Cokelat Pisang

Sejak baking blue alias rasa malas melanda, saya jadi jarang bikin cemilan semacam cake atau yang setidaknya perlu dikocok mixer dan dipanggang. Sehingga putar otak resep cemilan apa yang mudah dibuat dan gak perlu memakai oven. Sewaktu baca-baca tabloid masakan sempat terlintas keinginan membuat sebuah resep cemilan yang menurut saya mudah. Tapii tetap saja realisasinya nol alias gak bikin-bikin hehehe.


Kemarin sewaktu belanja buah dan kebutuhan harian, saya sengaja beli roti tawar. Di rumah sudah ada pisang hijau kesukaan anak saya. Jadilah bikin cemilan yang terinspirasi dari sushi, makanan khas Jepang tapi versi mudah dan ala tabloid Indonesia. Hampir maju mundur juga sih pas bikin. Saking laper dan gak ada cemilan, saya tekadkan untuk membuatnya. Berikut resepnya saya tulis ulang dengan sedikit modifikasi.

Sushi Bread Cokelat Pisang

Resep: Tabloid Koki
Modif : Ivonie Zahra

Bahan :

5 lembar roti tawar tanpa kulit
5 buah pisang hijau 
50 ml madu
50 gr gula palem
1 sdm mentega
50 gr cokelat masak pekat, lelehkann
Keju oles secukupnya

Cara membuat :

1. Panaskan mentega hingga leleh, masukkan pisang.
2. Tambahkan madu dan taburi dengan gula palem. Masak hingga permukaan pisang kecoklatan, sisihkan.
3. Ambil selembar roti tawar, gilas dengan rolling pin, oles dengan keju oles, tata pisang di atasnya.
4. Gulung perlahan sambil dipadatkan.
5. Potong, topping dengan coklat pekat yang sudah dilelehkan dengan cara dicoret-coret.
6. Sajikan.


Beneran rasanya enak dan bentuknya emang kayak sushi. Oh iya, karena saya hanya punya pisang hijau, jadi pakai bahan seadannya. Di resep asli pakai pisang raja, dari segi tekstur kalau pisang hijau mudah lembek, kalau pisang raja tetap kokoh tapi lembut digigit.

3 komentar:

  1. Pisang ambon hijau maxutnya ya teh? Lembek ga stlh d masak?

    Penasaran pgn nyoba ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pisang ambon. ada juga yang bilang pisang hijau. Asal jangan kelamaan atau bisa juga diganti pisang raja mbak :)

      Hapus
  2. Mbak, saya mau nanya..
    Pisangnya harus di goreng dulu ya..?
    lalu coklat blok yg enak merk apa ya mba..?
    Makasii ya sebelumnya :-)

    BalasHapus