Rabu, 19 Agustus 2015

Sambal Goreng Putih Telur

Bismillah…
Kegiatan memasak setiap hari yang tadinya rajin, semenjak puasa Ramadhan kemarin intensitasnya jadi berkurang. Apalagi kalau mood sedang gak bagus, rasa malas yang ada untuk terjun ke dapur. Ujung-ujungnya ya beli jadi atau makan di luar. Tetapi kalau terlalu sering juga bikin kantong kering dong hehehe.

Berhubung belum sempat belanja ke pasar, jadilah saya bersih-bersih isi kulkas ada bahan apakah yang bisa saya olah banreng dengan putih telur. Berbicara mengenai putih telur ini, biasanya kalau bikin kue kering atau pie susu banyak tersisa putih telur. Bila kebanyakan orang memanfaatkan putih telur untuk bikin cake atau olahan kue lainnya. Kali ini saya manfaatkan putih telur untuk olahan masakan yang sebelumnya saya bungkus dalam plastic bening kemudian dikukus.

Beruntung di kulkas ternyata masih ada kentang kukus yang lupa belum diolah. Akhirnya dapat ide untuk memasak sambal goreng putih telur dengan kentang ini. Sementara lauknya saya bikin dadar jagung. Berikut resep sederhana sambal goreng putih telur.



Sambal Goreng Putih Telur
Resep by : Ivonie

Bahan :
300 gr putih telur kukus, pot kotak 2 cm
250 gr kentang kukus, pot kotak 2 cm
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 buah cabai merah besar, iris tipis serong
2 batang serai, memarkan
300 ml santan kental
1 sdt garam
1 ½ sdt gula merah

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar, buang isinya
½ sdt terasi
3 buah cabai rawit merah

Cara membuat :
1.       Panasakan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas dan cabai merah besar hingga harum. Tambahkan gula merah, aduk rata.
2.       Masukkan putih telur dan kentang, aduk rata.
3.       Tuang santan perlahan, aduk rata. Tambahkan garam, aduk rata.
4.       Masak hingga bumbu meresap dan kuah santan menyusut.
5.       Angkat dan sajikan.


Putih telur ini bisa jadi varian alternatif campuran sambal goreng selain ati ampela. Sehingga bila punya stok putih telur yang melimpah sudah tidak bingung lagi mengolahnya. Memasakanya pun mudah bukan? Dan pastinya juga nikmat disajikan dengan nasi hangat.

Selamat mencoba.



8 komentar:

  1. Enak neh buat bekal makan siang di kantor, makasih Ma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga mood rajin masak gak kabur lagi ya pa :P

      Hapus
  2. Kemarin juga ibuku dikasih banyaaak banget putih telur sama besannya, bingung mau diapain. Besok2 bisa dicoba nih resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mbak, semoga cocok.
      Biasanya kalau pas berlebih dan mood baking ada, tak bikin aneka kue. berhubung takut kelaman dan rusak akhirnya tak kukus dan buat bahan masakan :D

      Hapus
  3. mantaaab...jadi pengen nyobain ni

    BalasHapus