Selasa, 22 April 2014

Cake Tape



Siang menjelang sore, ada tukang jualan tape singkong keliling yang berhenti di depan rumah. Saya langsung beli dan dapat idem au mempraktekkan cake tape tanpa telur. Beli 2000 rupiah dapat 250 gram pas saya timbang.


Ya, lagi-lagi bikin cake tape,  kalau dulu dibikin marmer cake. Kali ini biasa saja ditabur kismis. Secara buat variasi jualan harian. Meski sorenya sempat bikin martabak manis yang ternyata gagal, jadinya malah seperti dorayaki, saya gak patah semangat.

Malam harinya nguprek di dapur lagi bikin ini, sementara Aiman sama papanya udah bobo ganteng. Jadi lebih aman buat nguprek di dapur.  Sekalian mencoba otang yang tempo hari saya bawa dari Blitar. Kira-kira hampir 10 tahun gak saya pakai dan tetap oke body ovennya. Saya pakai resep dapat di grup NCC punya mbak Nyoman Sari yang tanpa telur, tapi sedikit saya modifikasi.




Cake Tape


Resep: Nyoman Sari NCC

Modif: Ivonie Zahra



Bahan :

225 gram tepung terigu protein sedang

125 gram gula pasir

250 gram tape singkong

375 ml susu cair

45 ml minyak sayur

½ sdt soda kue

1 sdt baking powder

3 sdm susu bubuk

¼ sdt  bumbu spoekoek

Kismis secukupnya



Cara membuat:

1.     Haluskan tape bersama 125 ml susu cair, sisihkan

2.     Campursemua bahan kering yangsudah diayak.

3.     Tuang adonan tape ke dalam adonan kering, aduk rata.

4.     Tuang sisa susu cair dan minyak sayur sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk hingga rata.

5.     Tuang dalam loyang ukuran diameter 20 cm yang sudah dioels mentega dan dialasi kertas roti yg diolesi menetga tipis. Oven selama 45-50 menit dengan suhu 180 C hingga matang.




Bener-bener mengembang sempurna dan legit rasanya. Plus irit bahan dan tenaga listrik karena tanpa dimixer.

1 komentar:

  1. Malam mba, salam kenal.. Kl bumbu spoekoeknya di skip bisa ga ya?? Makasih

    BalasHapus