Sabtu, 15 November 2014

Mini Rainbow Roll Cake

Varian baru rainbow cake ini sedang booming di grup NCC. Terlihat cantik, praktis dan gak ribet. Tetapi lagi-lagi saya bukan termasuk orang yang latah, kalau ada apa yang booming buru-buru ikutan bikin. Biasa saya save resepnya dulu, baru beberapa waktu mencobanya.

Berhubung ada pak tukang, tiap hari saya mesti putar otak buat bikin cemilan. Jadilah ide mini rainbow roll cake ini pilihan saya. Sekaligus daya tertantang dan belajar teknik gulung menggulung supaya rapi dan tiak pecah. Berikut resep saya tulis ulang ya. Selain praktis, termasuk rainbow yang irit telur loh.

Mini Rainbow Roll Cake

Resep: NCC

Bahan:
4 btr kuning telur
4 btr putih telur, kocok sampai kaku
200 gr gula pasir
1 sdm emulsifier
150 gr tepung terigu
3 sdm skm
3 sdm susu bubuk
50 ml minyak goreng
Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:
- kocok kuning telur, gula dan emulsifier sampai mengembang kurleb 7 menit.
- Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan skm sampai rata.
- Campurkan putih telur yang sudah dikocok kaku.
- Masukkan minyak goreng, aduk balik secara homogen perlahan.
- Siapkan loyang kotak uk 20x20x7 cm yang sudah dioles margarin dan dilapisi kertas roti.
- Bagi adonan menjadi 6 bagian yang sama dan beri warna.
- Kukus lapisan pertama selama 7 menit pada kukusan yang airnya sudah didihkan. dan lajutkan sampai adonan habis, kukus kurleb 20 menit.
- Angkat dari kukusan dan buang lapisan kertasnya. Iris tipis kurang dari 1/2 cm selagi panas.
- Oles dengan selai, buttercream atau susu kental manis. Gulung selagi hangat dan jangan ditekan.

Nah, episode pas menggulungnya ini yang rada trial error. banyak yang patah. Kecurigaan saya lebih ke pas mengiris, ada yang ketebalan. Nyatanya yang irisan agak tipis sukses saya gulung. Cuma lapisannya memang masih kurang mulus menurut saya.
Well, soal rasa enak dan lembut. Kalau bentuknya mini gini, makan 5 biji pun gak kerasa ya hihihi

2 komentar:

  1. enak bgt nie di inovasikan biar lebih manis ya sis ehhehe manteb :D

    BalasHapus
  2. Ini pasti rasanyaa Legiiiit jadi kepengen beli rainbowcake.. mau buat gak ada alatnya

    BalasHapus