Kamis, 04 Agustus 2016

Iga Kecap Pedas





Setiap kali belanja di supermarket dan melewati stan bagian daging, saya selalu tergoda dengan iga maupun buntut sapi. Belajar dari pengalaman sebelumnya, saya pernah masak iga sapi ternyata kurang empuk dagingnya sehingga sulit dikunyah. Sejak saat itu saya jadi berpikir ulang kalau punya hasrat mau mengolah menu iga atau buntut sapi. Sementara waktu lebih baik menikmati menu tersebut di restoran.

Terpikirkan juga oleh saya ingin beli presto supaya proses mengolah iga maupun buntut sapi bisa lebih cepat empuk. Namun masih sekedar wacana karena belum ada budget untuk membelinya. Selain itu saya sambil mencari informasi mengenai merk presto yang bagus dan terjangkau dengan budget yang saya siapkan nantinya.

Seiring  berjalannya waktu dan saya sering dipusingkan dengan menu setiap harinya. Godaan untuk membeli iga maupun buntut sapi semakin kuat. Kemarin malam akhirnya saya nekat beli lagi iga sapi dan harganya pun terjangkau menurut saya. Saat saya meminta pendapat suami, mau dimasak apa, dia inginnya dimasak kecap pedas. Baikalah, saya pun mulai bergerilya mencari resep menu tersebut. Tetapi sayangnya saya tidak menemukannya satu pun. Kebanyakan sih, iga bakar ataupun iga penyet. Akhirnya saya bikin resep sendiri saja yang saya bisa. Berikut resep iga kecap pedas ala saya.



Iga Kecap Pedas

By: Ivonie

Bahan :
300 gr iga sapi, rebus sampai empuk
1 buah tomat, iris jadi 6 bagian
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas
2 sdm kecap manis
2 sdm kecap pedas
½ sdm saus tiram
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
500 ml air

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
2 buah cabe merah kriting

Cara Membuat :
1.       Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan daunsalam dan lengkuas, aduk rata.
2.       Masukkan kecap manis, kecap pedas, saus tiram, garam dan gula, aduk rata.
3.       Masukkan iga sapi, aduk rata. Tambahkan air, aduk rata masak hingga bumbu meresap dan kuah mengental.
4.       Terakhir tambahkan tomat, aduk-aduk. Angkat dan sajikan.

Alhamdulillah, kata suami rasanya enak meski bumbu ala kadarnya yang saya pakai. Dan saya jadi ingin punya presto biar makin rajin mengolah iga, buntut dan daging sapi. Kode-in ke suami dulu deh hehehe

Selamat mencoba
`


2 komentar:

  1. Makasih Ma udah masakkin yang enak-enak buat bekal kerja, love you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sama2. Semoga mama rajin terus masaknya ya 😊

      Hapus