Sabtu, 02 November 2013

Pumpkin Cake




Semalam waktu belanja bulanan ke supermarket besar di salah satu mall di Malang, saya sekalian mampir ke toko buku. Kebetulan sekali ada acara pesta buku murahnya Gramedia Matos. Jujur, saya paling gak bisa nahan dompet kalau pergi ke toko buku atau perlengkapan dapur.  Dan sering kali suami yang jadi rem atau alarm kalau saya sudah mulai kalap hehehe

Sewaktu keliling muterin stand, banyak buku resep masakan berjejeran di rak maupun terpampang di meja. Entah, mengapa bagi saya lebih enak membaca resep masakan dibuku ketimbang sibuk mencari di internet. Iya kalau pas jaringan lancar, kalau tidak? Maka dari itu saya tetap tergiur untuk mengoleksi salah satu atau lebih buku resep masakan maupun kue yang ada di depan mata saya.
Setelah capek muterin stand yang sebenarnya hanya beberapa, pilihan saya jatuh pada buku resep schotel, cake dan resep makanan buat baby maupun balita. Serta sebuah buku parenting sedangkan suami memilih novel.
Well, sore ini saya mencoba mempraktekan salah satu resep di buku yang saya beli. Dari sekian resep, bahan yang saya miliki ternyata Pumpkin Cake. Lagipula saya termasuk penggemar cake. Resep yang saya coba tidak sama persis karena menyesuaikan bahan yang ada. Akan tetapi takarannya tetap sama. Dan menurut saya ini mudah, sehingga cocok buat belajar bagi pemula yang ingin belajar bikin cake. Hasil akhirnya, terstur lembut legit. Aroma khas spekuk dan kayu manis sangat menggoda pengen lagi dan lagi sekalinya makan. Ini saya bagi resepnya versi saya ya.


 


Pumpkin Cake

Bahan A :
125 gr labu kuning, kupas, serut kasar
75 gr pepaya, kupas, haluskan
25 btr kismis
25 gralmond iris

Bahan B: (campur hingga rata)
75 gr tepung terigu
½ sdt soda kue
25 gr quick cooking oats, blender hingga remah
½ sdt kayu manis bubuk
½ sdt pala bubuk
1/8 bumbu lapis legit (spekuk)
40 gr gula palem

Bahan C : (campur hingga rata)
50 ml minyak goreng
30 ml susu cair (saya pakai skim+air)
1 btr telur ayam
25 gr almond iris untuk taburan

Cara Membuat :
1.      Panaskan oven pada suhu 180 dercel. Olesi Loyang ukuran 19x9x6 cm dengan minyak goreng, lapisi kertas roti. Sisihkan.
2.      Tuang bahan C ke dalam bahan B. aduk dengan whisk hingga rata. Masukkan bahan A secara bertahap sambil terus di aduk.
3.      Tuang adonan ke dalam Loyang, taburi almond dan kismis. Panggang dengan api bawah hingga matang kurleb 35 menit.
4.      Keluarkan dari oven, dinginkan, lepaskan cetakan, potong dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar