Jumat, 31 Januari 2014

IDBF Challenge # 14 Casserol Nasi Campur



Kali ini bisa dibilang saya ketinggalan info challenge. Bagaimana tidak tahu infonya sudah mendekati deadline sih #salah sendiri absen nengok grup, hiks#. Dan pas barengan dengan acara tasyakuran ultah anak yang pertama. Antara yakin dan tidak bisa ikutan challenge ke-14 ini.

Ndilalah, usai acara saya justru tepar karena kecapekan naik turun tangga karena dapurnya ada yang di atas, sementara yang dibawah dipakai buat masak-masak. Makin gak yakin bisa ikutan.
Alhamdulillah, hari ini agak mendingan setelah minum sisa obat dari dokter minggu lalu dengan keluhan yang sama.  Setelah dipikir-pikir menemukan ide dengan bahan dasar beras. Sayangnya saya gak dapat beras Pure Green di Malang. Jadinya pakai beras seadanya yang biasa saya makan. Mudahan beruntung, siapa tahu kan hehehe #ngarep.com
Habis Magrib nguprek di dapur sebentar buat menyiapkan bahannya, terutama merendam jamurnya terlebih dahulu. Eh hambatan datang lagi. Si bocil minta nenen, akhirnya saya tinggal menyusui, lha kok ikut kebablasan ketiduran bareng bocil hihihihi. Bangun-bangun sudah jam 8 malam. Menengok dapur, jamur udah mekar dan saya tirikan plus potong-potong.
Hati mulai maju-mundur nih buat ikutan secara udah malam, bisa kekejar gak ya waktunya. Oalaah saya bangun, bocil juga ikutan terpaksa deh makin molor dan menguatkan gak bakaln bisa ikutan huhuhu.
Jam setengah sepuluh jarum jam menunjuk. Akhirnya saya minta tolong suami buat pegang dulu si bocil. Saya terjun ke dapur dan beraksi ala koboy hihihi. Lagipula suami juga mengeluh lapar, pas deh dengan menu yang mau saya buat hehehe.
Menu ini terinspirasi dari MP-ASI anak saya yang umur setahun hehe. Tapi sudah saya modif sesuai selera lidah saya dan suami . Daan terpenting buatnya simple, campur jadi satu lalu dioven hehehe. Berikut resep lengkapnya versi saya ya.


Casserol Nasi Campur
Bahan :
250 gr nasi (kurleb 200 gr beras Lahap PureGreen)
5 butir bawang merah, cincang
2 siung bawang putih, cincang
50 gr bawang bombai, cincang
50 gr jamur hioko, rendam hingga mekar, tiriskan dan potong kotak 1 cm
2 lonjor kacang panjang, cuci bersih, iris tipis
2 sdm tepung terigu
75 gr daging ayam rebus/goreng, suwir-suwir
150 ml susu cair
3 butir telur, kocok lepas
75 gr keju cheddar, parut
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk

Cara membuat :
1.      Panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius. Siapkan pinggan tahan panas.
2.      Panaskan minyak goreng di atas api sedang, tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombai hingga harum. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk. Masukkan jamur dan kacang panjang, tumis hingga kacang empuk. Angkat.
3.      Masukkan nasi dan tepung terigu, aduk rata. Tambahkan ayam, susu cair, sebagian keju dan telur. Aduk hingga rata.
4.      Tuang adonan nasi ke pinggan tahan panas.  taburkan sisa parutan keju di atasnya. Panggang dalam oven hingga matang. Kurleb 50 menit. Sajikan hangat.



Begitu matang langsung di foto dan diserbu suami sama bocil. Rasanya enak, gurih dan legit nasinya hehe. Lumayan nih bisa buat sarapan besok pagi pula J

2 komentar:

  1. Dimakan pake cocolan sambel terasi enak kali ya, hehehe
    salam kenal mbak!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, saya makannya pun dicocol sambal botolan lebih nikmat :)
      Salam kenal juga mas, makasih sudah berkunjung :)

      Hapus