Rabu, 05 Februari 2014

Pepes Pindang Mercon



Sebenarnya mau membuat pepes semalam, namun apa daya waktunya gak cukup. Secara saya bikin tiramisu kukus request suami mau dibawa ke kantor dalam rangka syukurannya Aiman.

Jadilah tadi pagi mendadak bikinnya. Saya dibantu suami dalam memasak, sementara saya mendekor kue. Pertama saya menyiapkan bumbu-bumbunya, suami bagian yang mencuci dan menggoreng ikan pindangnya. Kemudian saya lanjut mendekor pakai gaya koboy deh.
Lalu suami saya suruh menghaluskan bumbunya. Apes, saya lupa memberitahu kalau cabe rawitnya gak perlu diblender. Saya Cuma bilang tomat saja. begitu selesai dan mau saya lanjutkan membungkus, saya cicipin….
Alamaaaak….supeeer puedas. Ini mah namanya jadi pepes mercon sodara-sodara gimana gak mercon. Cabe rawitnya hampir 15 buah, cabe merah keritingnya satu dan cabe merah besar 2 buah #tepok jidat.
Jadilah saya akalin dengan penambahan gula merah dan gula pasir agak banyak sehingga rasa sengak-nya berkurang. Berikut resep pepes pindang mercon ala saya :D


Pepes Pindang Mercon

Bahan:
6 biji pindang
1 ½ buat tomat, potong tipis
10 buah cabe rawit
50 gr daun kemangi, ambil daunnya
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
2 buah cabai merah
13 cabe rawit
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdm gula merah, sisir

Cara membuat:
1.      Cuci bersih pindang, goreng, tiriskan. Potong jadi dua, sisihkan.
2.      Ambil selembar daun pisang, beri sedikit daun kemangi. Letakkan pindang, siram dengan bumbu. Tambahkan daun kemangi, cabe rawit dan potongan tomat. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan hingga habis.
3.      Panaskan kukusan, masukkan bungkusan pindang, kukus hingga matang. Angkat.
4.      Panggang dengan bakaran atau oven dengan suhu 190 C kurleb 20 menit.
5.      Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar