Jumat, 21 Maret 2014

Cassava Marmer Cake



Semenjak Aiman sakit, saya jarang bikin camilan semacam cake. Adanya sih bikin untuk orderan saja. Kemarin pas Aiman tidur setelah meminumkan obat yang butuh perjuangan. Saya berberes isi kulkas, banyak bahan yang terpaksa dibuang karena sudah kadaluarsa, tak layak pakai akibat kelamaan disimpan dalam kulkas. Sementara saya masih fokus merawat pasca pulang dari rumah sakit, seminggu kemudian disusul kena flu singapura.

Ada tape singkong yang masih bagus. Hmm mikir, enaknya mau dibikin apa ya? Selesai nguprek kulkas saya cari referensi resep di koleksi buku. Cliing, dapat resep di buku Sedap. Hanya saja saya cetak pakai loyang dan diberi motif marmer. Sudah lama juga pengen bikin cake marmer. Saya bikin sekalian dua resep yang satunya untuk base cake tart, pesanan ponakan suami untuk ultah teman kelasnya.
Selesai? Belum, meski selesai milih resep, ternyata gak bisa langsung membuat karena bocil keduluan bangun. Alhasil, saya merawatnya dulu. Dari memandikan hingga menyuapinya. Jadi pending dulu saja.
Sehabis Magrib, baru deh saya bisa esekusi dengan leluasa karena Aiman habis mainan sama papanya, nyusu dan tidur. Berikut resep Cassava Marmer Cake yang sudah saya modifikasi.




Cassava Marmer Cake

Sumber : Buku Sedap
Modifikasi : Ivonie Zahra
5 butir kuning telur
3 putih telur
75 gram gula pasir
50 gram tepung terigu protein sedang
20 gram susu bubuk
½ sdt baking powder
¼ sdt cokelat pasta
100 gram tape, lumatkan
100 gram margarine, lelehkan

Cara membuat:
1.      Kocok telur bersama gula sampai mengembang.
2.      Masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3.      Campur tape, margarine, aduk rata. Tuang ke dalam campuran telur sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
4.      Tuang ke dalam loyang ukuran 18 cm yang sudah dipoles margarin dan dilapisi kertas roti. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius 30 menit sampai matang.


Sebelum saya keluarkan dari oven, saya finishing 5-10 menit pakai api atas. Hasil teksturnya lembut dan legit. Hanya saja yang jadi permsalahan buat saya, kenapa permukaan cakenya setelah dipanggang berlubang ya? Apa karena saya lupa tidak menghentak-hentakan loyang dulu?
Ah, next time perlu dicoba lagi, dan harus bisa menakhlukan lapisan atasnya mulus tanpa pori-pori. Alhamdulillah meski berpori cakenya enak, anak saya saja suka.  Makan sepotong saja gak puas xixixix. Bisa dicoba nih bagi penyuka tape.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar