Senin, 25 Desember 2017

Donat Kentang NCC, Donat Kentang Favorit Anak-Anak



Memiliki anak yang suka ngemil itu, membuat emaknya mau gak mau mesti terjun ke dapur. Apalagi kalau cemilan favorit anak-anak terutama Mas Aiman adalah donat, jelas emaknya kudu kerja extra. Ngomongin soal donat, saya termasuk yang jarang bikin donat heuheu.


Bukan tanpa alasan, saya tidak mempunyai pengocok spiral yang khusus untuk adonan roti maupun donat. Meskipun saat beli dulu, sayangnya hilang gegara barang-barang ibu di rumah Blitar yang sering dipindah-pindah posisinya. Karena hal tersebutlah saya paling malas bikin cemilan donat.

Seingat saya, hanya sekali mencoba bikin donat dengan menguleni adonan secara manual alias pakai tangan. Capeknya jangan ditanya lagi deh, yang jelas adonanya gak sanggup sampai benar-benar kalis dan keluar “ring” yang jadi idola kalau bikin donat.


Bersyukur, beberapa waktu lalu saya baru tahu kalau buleknya suami habis beli hand mixer merk Philips. Aha, kesempatan nih bisa dipinjam dan menyoba bikin donat lagi dengan pengocok itu. Meski kata teman saya gak kuat buat ngadon donat karena bakalan bikin mesin rusak, saya pede aja gitu alias nekat bikin. Saya mengakalinya dengan menguleni adonannya sedikit-sedikit supaya mesin mixer aman, apalagi mixer saya termasuk jadul karena membelinya sewaktu saya masih SMA.

Kalau dulu saya sempat mencoba bikin donat labu kuning manual, untuk kali ini saya bikin donat kentang. Kali ini resep yang saya coba yaitu resep donat kentang NCC yang sudah terbukti enak, empuk dan bakalan banyak berhasilnya. Berikut saya tuliskan resepnya ya, barangkali ada yang belum tahu. Padahal ini mah resep favorite di kalangan pelaku kuliner alias bakulan. Berhubung mixer saya bukan heavy duty, jadi seringnya saya bikin setengah resep saja.


Donat Kentang

Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr kentang, kukus, haluskan dan sisihkan
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
100 gr gula pasir/ gula halus
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin/susu cair dingin

Cara membuat :
·         Dalam sebuah wadah, campur bahan kering yaitu tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instant, aduk rata.

·         Masukkan kentang halus, aduk. Tuang kuning telur satu per satu  dan air dingin sedikit demi sedikit. Uleni hingga rata dan setengah kalis.
·         Tambahkan mentega dan garam, uleni lagi hingga kalis dan elastis. Istirahatkan adonan selama kurleb 15 menit atau hingga adonan mengembang 2 x lipat.


·         Kemudian kempiskan adonan,  adonan dibagi sesuai selera dan biasanya kurleb 40 gr, bulatkan. Diamkan adonan selama kurleb 20 menit hingga mengembang lagi.


·         Panaskan wajan yang sudah diberi minyak goreng dengan api kecil, lubangi tengahnya hingga membentuk donat. Goreng hingga kuning kecoklatan.




·         Angkat dan tiriskan. Donat bisa ditaburi gula halus maupun dihias sesuai selera.

Alhamdulillah, meski ngadonnya sedikit demi sedikit pakai mixer adonan bisa kalis juga. Kalau begini mah saya gak mungkin malas lagi deh kalau nak kanak minta dibuatkan donat. Gak perlu senam lengan lagi buat ngadon adonan sampai kalis.


Anak-anak pun puas dengan hasilnya, terbukti  Mas Aiman sekali makan bisa habis 3 biji dengan taburan gula donat kesukaannya. Hasilnya juga lebih banyak ketimbang beli. Satu resep ini bisa jadi kurleb 20 biji dengan berat masing-masing 40 gr.

NB:
  - Kalau ingin hasil gorengan donatnnya garing, menggorengnya menggunakan minyak padat atau campuran minyak sayur dan minyak padat.
- Saat menggoreng, jangan dibolak-balik, cukup sekali saja.
- Adonan diulen sampai benar-benar kalis kalau mau ‘ring’ nya muncul. Saya pernah bikin ngadon adonan gak sampai kalis, gak keluar ringnya.
Selamat mencoba ya




4 komentar:

  1. Alhamdulillah semua sukaaa, sampai-sampai Papa pernah ga kebagian P

    BalasHapus
  2. Mixerku nggak ada. Padahal kepengeen 😭

    BalasHapus
  3. Meskipun zaman sekarang makin bermunculan donat kekinian, tapi aku sih masih tetap cari donat kentang ala rumahan gini. Wah, salut deh sama yang semangat bikin donat. Mesti sabar apalagi nunggu adonan kalis dll. Hahha mantep dah.

    BalasHapus