Selasa, 31 Oktober 2017

Tumis Genjer Kerang Tauco



Assalamu’alaikum....
Halo sahabat Dapur Ivonie? Apakabar? Sudah lama pakai banget ya saya gak update blog masakan ini. Selain karena kesibukan mengurus anak, kemarin-kemarin saya fokus mengurusi blog lifestyle dan beauty.

Sebenarnya dibilang masak, ya masak sih. Hanya saja saya gak memiliki waktu untuk motret dan menulis di blog. Ada beberapa kali resep masakan yang saya coba, namun diposting di blog yang sudah TLD. Rencananya blog ini pun akan saya belikan TLD biar makin semangat lagi posting tentang resep masakan maupun kuliner.

Beberapa waktu lalu saya menyempatkan memasak salah satu masakan yang resepnya bakal saya tulis dan posting di blog. Ya, meskipun sekedar masakan rumahan tapi akan lebih baiknya bisa berbagi resep di sini.

Sayur Genjer merupakan bahan utama pilihan saya untuk dimasak. Sewaktu masih kecil, saya biasa mencari sayur genjer di sawah tetangga secara gratis. Tidak halnya dengan sekarang, mengingat saya pun tinggal di kota sehingga untuk mendapatkan sayur genjer mentah harus membeli ke tukang sayur atau pasar. Dan tidak setiap hari tersedia sehingga sayur genjer termasuk sayur langka.

Kalau zaman dulu, sehabis padi dipanen, sawah dibiarkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dibajak untuk ditanami lagi. Nah, selama rentang waktu menunggu tersebut biasa tumbuh sayuran genjer ini. Dengan catatan tanah sawahnya agak becek ya, karena tanaman genjer termasuk dalam tanaman rawa.

Balik lagi ke soal resep, kali ini sayur genjernya saya padukan dengan kerang  tapi dimasak dengan bumbu tauco. Berikut resepnya ya.

Tumis Genjer Kerang Tauco


Bahan :
1 ikat genjer, potong 5 cm, rebus Selma 5 menit, sisihkan
150 gr kerang darah rebus
50 gr tauco
1 lembar daun salam
1 sdt garam
½ sdm gula pasir

1 cm lengkuas, memarkan
1 buah tomat, potong 4 bagian
2 sdm minyak goreng
Bumbu :
4 buah cabai merah, giling kasar
8 butir bawang merah, iris
4 siung bawang putih, iris
1 sdt terasi
1 sdm garam
1 sdm saus tiram

Penyedap secukupnya ( optional )

Cara membuat :
1.       Panaskan minyak goreng, tumis bawang merah, putih, cabai, terasi, daun salam, lengkuas dan tomat hingga harum. Masukkan kerang, aduk rata.
2.       Masukkan tauco, tumis kembali hingga rata. Tambahkan garam, gula dan saus tiram, aduk kembali hingga rata. Angkat.
3.       Siapkan piring saji, tata sayur genjer yang sudah direbus, siram dengan kerang bumbu tauco di atasnya .
4.       Sajikan selagi hangat.

Mudah bukan? Rasanya enak dan lezat, apalagi kalau agak pedas gitu. Suami yang termasuk agak susah mencoba masakan baru, saat saya masak menu ini dan menanyakan soal rasanya ternyata enak. Lega deh sayanya, lelah menyiapkan dan memasaknya terbayar sudah.

Oh iya, untuk penyajian bisa menyesuaikan selera ya, mau disiram atau dicampur langsung gak masalah sih. Biar bumbunya lebih meresap, bisa dicampurkan sebelum diangkat dari atas kompor.
Selamat Mencoba...


2 komentar:

  1. Ibuku juga suka masak genjer tauco ini mbak, tapi ga dikasih kerang. Hmm resepnya boleh nih dicoba, tapi itu genjernya memang sudah lebar-lebar ya daunnya? kalau dikampungku masih bentuk printilan, jadi pas makan kriuk2 he he, terima kasih ya sudah sharing

    BalasHapus
  2. Jadi inget waktu itu karena belum tau sayur genjer, makan di Warung Tekko. Ternyata mirip kangkung ya. Kalau di warung sayur dekat rumah pada nggak jual, padahal enak banget ini ditumis.

    BalasHapus