Kamis, 19 Desember 2013

Cake Kukus Lapis Putel



Usai sudah urusan acara pernikahan adik saya. Kembali ke Malang dan melakoni rutinitas seperti biasanya. Menjadi Ibu rumah tangga dan sesekali menerima orderan cake dan sebagainya.

Lihat di kulkas masih ada putih telur sisa membuat orderan pie susu jumbo. Akhirnya diesekusi daripada keburu busuk karena kelamaan. Kali ini mau bikin cake yang simple aja. Cake kukus. Simpel karena mengocok semua bahannya bisa disambil mengurus bocil 10,5 bulan yang sedang aktif-aktifnya merangkak kesana kemari.
Jadi, semua bahan dicampur dan dimixer sampai kental dan menggembang. Lebih enakan lagi pakai stand mixer mengaduknya hehehe. Sewaktu mengocok ini sempat was-was juga karena secara jujur masih ragu hasil kocokan soft peak seperti apa. Padahal sudah berusaha saya pelajari.
Berikut resepnya saya salin dari resep di blog mbak Ricke, tapi sudah saya midifikasi lagi. Oh iya, kali ini saya bikin 2 resep sekaligus.




Cake Kukus Lapis Putel

Resep : Ricke Indriani
Modif : Ivonie Zahra

Bahan :
250 ml putih telur
125 gr gula pasir
¼ sdt garam
1 sdt emulsifier ( saya pakai sp)
115 gr tepung terigu protein sedang
½ sdt baking powder1/2 sdt pasta vanili
35 gr dark cooking chocolate, lelehkan. Campur dengan 40 ml minyak goreng
½ sdt pasta coklat
1 sdt pasta pandan
40 ml minyak goreng
Coklat mesis warna-warni secukupnya

Cara membuat :
1.      Kocok putih telur dan garam hingga setengah mengembang. Mulai dengan kecepatan rendah, lalu naikkan kecepatan sedang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga gula habis. Masukkan emulsifier, kocok kembali hingga mengembang dan kental ( soft peak). Masukkan pasta vanili. Aduk rata.
2.      Masukkan tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk rata dengan whisker atau mixer kecepatan rendah.
3.      Bagi adonan menjadi 2. Satu bagian diberi campuran dark chocolate leleh dan pasta coklat. Satu bagian lagi diberi pasta pandan dan minyak goreng, aduk rata.
4.      Tuang adonan (terserah mau mana duluan, saya kemarin jadi dua loyang j dada yg coklat dulu dan pandan) ke dalam loyang yang sudah diolesi margarine dan dialasi kertas roti. Kukus 15 menit. Beri taburan coklat meses, kukus lagi 5 menit.
5.      Tuang adonan pandan di atasnya, kukus lagi hingga 25-30 menit sampai matang ( bisa dilakukan tes tusuk)
6.      Angkat keluarkan dari loyang beserta kertas rotinya. Biarkan agak dingin, baru lepas kertas rotinya.
7.      Potong-potong, sajikan.


2 komentar:

  1. kalo dipotong gini kayak bronis amanda yg pandan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya, jadinya cakep lapisannya. sempat gak yakin bakal berhasil :D

      Hapus