Selasa, 28 Juli 2015

Gulai Rajungan

Bismillah....

Gulai seringkali diidentikkan dengan kambing bukan. Siapa yang gak tahu gulai kambing atau biasa menyebutnya gule kambing? Akan tetapi perkembangan dunia kuliner semakin pesat saat ini. Tidak hanya kambing saja yang bisa dimasak gulai. Ada beragam masakan nusantara yang bisa dimasak gulai. Misal, gulai daun singkong, gulai kepala ikan dan masih banyak lagi.


Tempo hari pas belanja ke supermarket saya tertarik beli rajungan. Kebetulan ada diskonan yang lumayanlah bagi saya, maklum emak-emak mesti pinter mengelola keuangan belanja baik bulanan maupun harian hehe. Sewaktu membeli belum terpikirkan mau dimasak apa, yang penting saya beli buat stok di freezer. Saya comot empat buah yang ukurannya sedang. Rajungan ini beda dengan kepiting, meski bentuknya hampir mirip.
Kalau rajungan capitnya lebih pipih dan panjang, sedangkan kepiting punya capit yang besar dan gemuk.

Rencana kemarin mau dimasak, tetapi bumbunya kurang komplit jadinya saya pending. barulah hari ini saya masak. Tadinya mau dimasak bumbu kare, namun saya mengusulkan ke suami enaknya dimasak gulai saja ya. Selama ini yang saya tahu masak rajungan atau kepiting yang diberi saus asam manis atau padang. jadilah ini eksperimen alias kreasi baru saya hehe. Berikut resep sederhana gulai rajungan.

Gulai Rajungan

Resep : Ivonie

Bahan :

4 Buah rajungan ukuran sedang, cuci bersih
1 sdm air jeruk nipis
1/2 sdt garam
1 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1 buah asam kandis
1 sdt bumbu gulai merk koepoe-koepoe
1/2 sdt bubuk kunyit
1 sdt gula pasir
5 buah cabe rawit merah, buang tangkainya
800 ml santan kental

Bumbu halus :

4 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
1 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat :

1. Lumuri rajungan dengan air jeruk nipis dan garam, sisihkan.
2. Tumis bumbu halus, daun jeruk, serai hingga harum
3. Masukkan rajungan dan santan. Tambahkan bumbu gulai, bubuk kunyit, asam kandis, cabe rawit merah, garam, dan gula, aduk rata.
4. Masak hingga bumbu meresap dan rajungan berubah warna.
5. Angkat dan sajikan.


Rasa daging rajungan dengan kepiting pun memiliki perbedaan. Kalau kepiting yang pernah saya makan, dagingnya lebih manis, kalau rajungan lebih ke teksturnya agak lembut dan tidak begitu manis. Sehingga rasanya lebih nikmat dimasak gulai, perpaduan lembut dan gurih. Bisa-bisa menghabiskan nasi dibakul. Dan lagi, makan rajungan atau kepiting itu nikmatnya kalau sambil disesapi bagian capitnya maupun cangkangnya hehe.

4 komentar:

  1. Maknyuss bgt resepnys, aku sebelumnya blum mahir ngolah seafood

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga masih belajar mbak, tadinya juga gak mahir masak hehe

      Hapus
  2. Duh enaknya , sama sekali belum pernah masak jenis kepiting kalo diliat dari fotonya mba Ivonie pasti enak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepiting mak dimasak apa aja enaak mbak, enak juga harganya hihihi

      Hapus