Selasa, 29 September 2015

Soto Madura


Kuliner Madura yang lebih popular di masyarakat adalah sate. Namun ada kuliner lainnya yang tak kalah enak, selain sate dan olahan bebek. Soto Madura, bisa jadi setiap daerah punya cirri khas tersendiri mengenai soto.

Berbicara mengenai soto, saya dulu paling gak suka yang namanya menu soto. Bukan apa-apa, masa kecil punya trauma mengenai soto. Lebih tepatnya komposisi soto itu sendiri. Kalau di Blitar soto terdiri dari daging ayam suwir, kecambah kacang hijau pendek, dan irisan kubis. Nah, kecambah kacang hijau pendek inilah yang jadi biang kerok saya gak doyan soto. Sewaktu makan soto ada kecambahnya, yang ada bukannya nikmat dirasa, justru saya malah pengen muntah-muntah.

Sejak saat itu saya gak mau makan soto. Andai makan pun kalau benar0benar gak pakai kecambah kacang hijau pendek. Akan tetapi, selera gak suka pada soto pun perlahan memudar berkat saya jatuh hati pada salah satu olahan soto nusantara, yaitu soto Banjar Kalimantan Selatan. Bumbu dan isian sotonya beda gitu.

Ndilalah, punya anak malah doyan banget makan soto haha. Jadilah, pelan-pelan saya menyukai soto dan belajar memasaknya. Kali ini masih dalam rangka memanfaatkan daging Qur’ban. Daging sapinya saya olah menjadi soto Madura. Meski pernah ke Madura dua kali tetapi belum pernah makan soto Madura langsung di sana. Melihat resep di tabloid kelihatannya muda. Tapi tetap saja komposisi bumbunya saya bikin versi saya.


Soto Madura
By : Ivonie

Bahan :
250 gr daging sapi, potong dadu
2 butir telur rebus, potong bulat
1 batang daung bawang, iris halus
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 buah jeruk nipis, iris-iris
2 sdm bawang goring siap pakai
1 liter air
Minyak untuk menumis

Bumbu :
5 butir bawah merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
2 cm kunyit bakar, kupas
2 butir kemiri
Garam secukupnya.

Cara membuat :
1.                   Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum.
2.                   Masukkan daging sapi, aduk dan masak hingga berubah warna. Tambahkan air, masak hingga mendidih dan matang.
3.                   Tambahkan daun bawang , masak kembali hingga mendidih. Angkat masukkan seledri, aduk rata.
4.                   Tuang soto dalam mangkok, beri irisan telur, bawang goreng. Kucuri air jeruk nipis bila suka dan sambal.
5.                   Sajikan.
Alhamdulillah, meski bumbu sederhana, Cuma rasanya yang gak sederhana alias enaak dan segeer. Apalagi kalau pakai sambal, beuh bisa habis tuh nasi di magic com hehehe #lebaydikit. Lain kali pengen mencoba resep soto-soto yang lainnya juga ah. Termasuk soto Bandung dan soto Kudus yang terkenal itu.


2 komentar: