Jumat, 18 September 2015

Pie Brownies

 
 
 
 
Pie brownies? mungkin baru terdengar akhir-akhir ini bukan? Lain halnya dengan brownies yang lebih dahulu dikenal masyarakat. Pie Brownies inovasi baru yang memadukan kulit pie yang renyah dengan adonan brownies yang chewy dan manis pastinya.

Buat saya ini sudah tidak aneh lagi. Berawal dari bakulan pie susu, merambah varian isian dengan brownies. Kali ini saya sengaja bikin yang versi mini untuk ditayangkan di blog. Biasanya saya membuat yang versi jumbo untuk melayani pesanan pelanggan. Pas banget ada pelanggan yang memesan pie brownies topping buah. Saya menyisihkan sebagian adonan kulit dan brownies khusus untuk blog. Akan tetapi resep browniesnya kali ini saya ganti. Kalau yang pernah saya buat, browniesnya dari putih telur. Sekarang saya mencoba resep browniesnya mbak Nicke Dewi Kania. Rasanya lebih chewy dan manisnya pas. Kalau resep asli versi setengah kilo, cuma kalau saya bikinnya menyesuaikan kebutuhan. Begitu juga dengan resep kulit pie, tadinya memakai resep mbak Ricke, tetapi sudah saya utak-atik versi saya. Berikut resepnya saya tulis ulang.
 
 
 
 

Pie Browies
Bahan kulit pie :
400 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tepung terigu protein rendah
2 butir kuning telur
250 gr margarin
2 sdm gula halus
Bahan Adonan Brownies :
4 butir telur
250 gr gula pasir
250 gr dcc (dark chocolate cooking )
250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr coklat bubuk
125 gr butter, lelehkan
125 gr minyak sayur
 
Cara membuat kulit :
1. Aduk margarin, kuning telur dan gula halus dengan sendok kayu hingga rata.
2. Masukkan tepung terigu protein sedang dan rendah yang sudah diayak, aduk rata.
3. Olesi cetakan pie dengan margarin, cetak adonan dan rapikan, sisihkan.
4. Cara membuat adonan brownies ;
- Kocok telur dan gula hingga gula larut.
- Masukkan tepug terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak.
- Masukkan dcc leleh, butter dan minyak, aduk rata. Aduk perlhan, jangan overmix.
5. Masukkan adonan brownies dalam cetakan kulit. Beri taburan chocochip di atasnya.
6. Panggang dalam suhu 180 C selama kurleb 20 menit hingga matang.
7. Angkat, dinginkan dan keluarkan dari loyang.
8. Sajikan.
Hasil browiesnya saya suka yang resep ini. Pas banget dengan adonan kulitnya. Perpaduan gurihnya kulit pie dan manisnya brownies, membuat makan sepotong saja gak cukup.
 
Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar