Kamis, 27 Februari 2014

Ikan Woku Belanga




Beberapa hari gak masak alias beli masakan jadi. Akhirnya semalam beli ikan mujair ke kios penjual ikan langganan saya. Sesampai di rumah pun bingung hari ini mau dimasak apa. Jadilah semalam sebelum tidur saya ngobrak-abrik kumpulan majalah dan kliping resep masakan.

Secara saya sudah bosen kalau Cuma digoreng saja. Pengen dimasak pakai kuah, meski aslinya suami gak suka ikan dimasak kuah :D
Setelah dibikin pening milih resep, akhirnya jatuh ke resep Ikan Woku Belanga. Masakan ikan ala Manado.  Saya masaknya menyesuaikan bahan dan bumbu yang ada. Berikut resep versi saya;



Ikan Woku Belanga
Bahan :
600 gr ikan mujair potong jadi 2
3 batang serai, iris halus (aku dimemarkan doang)
5 lembar daun jeruk, iris halus (aku utuhan)
3 batang daun bawang, iris halus
Ikat daun kemangi, siangi
2 buah tomat, potong 8 bagian
1 buah jeruk, peras airnya
100 ml air
Minyak goreng

Bumbu halus:
10 buah cabai rawit
3 buah cabai merah besar
7 butir bawang merah
5 cm jahe
1 sdt garam

Cara membuat:
1.      Goreng ikan hingga kering, tiriskan, sisihkan
2.      Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
3.      Tambahkan serai, daun jeruk, dan daun bawang. Aduk hingga aromanya wangi.
4.      Masukkan ikan dan air aduk rata hingga seluruh permukaan terlumuri bumbu.
5.      Atur daun kemangi di atas ikan kemudian tutup pancinya. Masak terus ikan di atas api kecil hingga matang dan lunak. Angkat.
6.      Sajikan.

Dan saya berbahagia plus berbunga2 karena mendengar komentar suami, Enaak hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar