Jumat, 14 Februari 2014

LBT # 30 ( Souvary Pie) Beef Szechuan Pie




Hal yang selalu saya nantikan adalah PR tiap bulan dari LBT. Kenapa? Karena tiap bulannya ide-ide tantangan selalu menarik, para ibu host-nya banyak kreatifnya menelurkan ide-ide tersebut.

Sebenarnya sudah minggu lalu tahu pengumuman PR ke-30 ini. Hanya saja saya pas mau mudik ke Blitar. So, gak bisa langsung mengerjakan deh. Pengennya bisa setor tepat waktu. Terbukti saya baru sekali setor tepat waktu hahaha. Sambil mudik masih sempat-sempatnya mikir ntar mau bikin apa nih buat PR LBT xixixix.
Begitu Minggu sampai Di Malang lagi, saya rembugan sama suami mau bikin yang mana. Saya sengaja rembugan biar ada yang bantuin makaaan hahaha. Saya tunjukkan kumpulan resep pai gurih (pas banget kan PR-nya hihihi…) Dan rembugan itu pun pakai acara lamaa dan debat segala hohoho.
Setelah memilah-milah dan disesuaikan dengan bahan yang mudah dicari atau ada di dapur. Pilihan kami jatuh pada Beef Szechuan Pie-nya buku kumpulan resep pai gurihnya dapur kirana. Langsung esekusi resep? Enggaaaak…beneran ngerjain PR kali ini pun gak kalah sama orang pacaran yang putus-nyambung wkwkwkw.

Benar, acara memilih resep kelar. Masalahnya kondisi dan waktu ternyata gak memungkinkan buat mengerjakan dan setor tepat waktu sodara-sodara. Tiap mau nyiapin bahan selalu ujung-ujungnya berakhir masuk kulkas atau lemari lagi deh.
Akhirnya baru hari ini bisa terlaksana. Wuiih, ngintip album PR LBT udah banyaak. Makin semangat dong saya ngerjainnya. Mumpung si bocil juga lagi merem. Berikut resep Beef Szechuan Pie yang sudah saya modif menyesuaikan bahan.




Beef Szechuan Pie
Bahan kulit:
145  gr margarin
235 gr tepung terigu protein rendah
½ sdt garam
1 sdm air es
1 kuning telur

Bahan Isi:
Minyak goreng secukupnya, untuk menumis
100 gr bawang Bombay, cincang
1 sdt bawang putih, cincang
76 gr daging giling
198 gr beef cornet
1 buah paprika hijau, potong dadu kecil
½ sdt kecap asin
1 sdm saus tomat
1 sdt minyak wijen
2 sdm saus tiram
1 sdt kaldu bubuk instan rasa daging sapi
Garam secukupnya
50 gr kacang mete goreng, cincang kasar
1 sdm wijen, sangria
10 gr keju cheddar, parut
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat kulit:
1.      Campur dan aduk semua bahan dengan menggunakan pengaduk adonan pai hingga tercampur rata. Bungkus adonan ke dalam plastic, diamkan selama 20 menit.
2.      Giling adonan lalu cetak ke dalam cetakan pai yang telah di olesi margarine. Tusuk-tusuk dengan garpu agar tidak menggembung.
3.      Panggang ke dalam oven dengan suhu 180 C selama 10 menit, angkat.

              Cara membuat isian:

1.      Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging giling, aduk hingga berubah warna. Tambahkan beef cornet, aduk rata.
2.      Masukkan paprika, kecap asin, saus tomat, minyak wijen, saus tiram, kaldu buuk dan garam. Aduk dan masak hingga matang dan bumbu meresap.
3.      Kentalkan dengan larutan tepung maizena, aduk rata dan masak sebentar. Angkat.
4.      Masukkan adonan isi ke dalam kulit pai, taburkan kacang mete dan wijen.
5.      Panggang kembali selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan biarkan dingin.  tabur dengan keju cheddar parut. Sajikan.


Ponakan suami main ke rumah kusuruh icipin, katanya enak tapi asin. Ya iyalah, kan emang dibikin gitu xixixi. Lha giliran suami pulang kerja malah cari cemilan yang manis. Haduuuh...#tepok jidat
Pienya beneran berlimpah daging, asin-asin gurih. kalau yang gak suka asin seperti saya memang lebih enak ditambah sama sambal botolan deh hihihi.




4 komentar:

  1. Mba Ivonie, szechuan itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu nama kota di China mbak. yah semacam cara mengolah ala kota tersebut bumbunya :)

      Hapus
    2. Oalah.. i see. Rasanya memang pernah dengar namanya, tapi dimana gitu. Tak kirain nama bumbu. Hihihi....

      Hapus
    3. Iya mbak, kalau aku dah paham, soalnya pernah kerja di Hong Kong pasti nebak ini cara masak ala kota tersebut :D

      Hapus