Jumat, 16 Januari 2015

Banana Cake # LBT # 37

Barakallahu...

Grup baking LBT yang saya ikuti ternyata sudah memasuki usia 4 tahun, meski saya sendiri baru gabung sekitar 2 tahunan. Terlambat ya? Iya sih, tetapi lebih baik daripada gak gabung khan. Secara saya mulai mendalami dunia perbakingan lagi setelah melahirkan. Hobi bikin-bikin kue sih sudah lama sejak sma, namun benar-benar menikmati setelah peralatan baking pun punya, meski belum lengkap hehe.

Akan tetapi akhir-akhir ini saya sedang dilanda malas berurusan dengan dapur, apalagi baking kecuali dapat orderan hehe (aneh ya?) Mungkin semangat karena ada rewardnya hehehe. Entahlah, saya sendiri juga belum menemukan penyebabnya. Hanya saja, yang menjadi kendala, dapur di rumah mertua sempit, sehingga saya kurang leluasa. Tahu sendirilah, kalau habis baking pasti cucian bakal menumpuk. Jadi, secara tidak langsung saya pengen cepat pindah ke rumah sendiri yang sedang tahap finishing, karena dapur idaman memanggil-manggil di depan mata #lebaydikit :D

Tapi...demi ultah LBT, saya himpun semangat buat terjun ke dapur dan baking. Kali ini bikin tart simpel, memanfaatkan bahan yang ada. Memang seharusnya, ultah itu dengan sesuatu yang spesial ya, tetapi sederhana pun tetap spesial karena semua kembali pada esensinya. Cara membuatnya pun gak pakai ribet dan harus meninggalkan cucian menumpuk. Resep banana cake yang saya adaptasi dari tabloid dan modifikasi sesukanya saya. Dan tidak perlu pakai mixer, oven tetaap dong hehe.

Banana Cake 

Bahan :
250 gr tepung terigu
3 butir telur
3 buah pisang chandevish, haluskan
1 1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
125 gr gula pasir
75 gr gula palem
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
150 ml minyak goreng

Bahan topping:
Butter cream secukupnya
Keju cheddar secukupnya, serut
Buah cherry merah

Cara membuat:
1. Panasakan oven dengan suhu 180 C dan siapkan loyang uku 22x10x4 cm dua buah atau loyang uk 22x22x7 cm, oles dengan margarin dan lapisi dengan kertas roti, oles tipis margarin, sisihkan.
2.  Ayak tepung terigu, baking powder, dan soda kue. Tambahkan gula pasir dan gula palem, aduk rata sisihkan.
3. Kocok telur dengan wishk, tambahkan pisang yang sudah dihaluskan dan vanili bubuk, aduk rata.
4. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, terakhir masukkan minyak goreng, aduk rata (jangan over mix)
5. Tuang dalam loyang, panggang kurleb 25 menit hingga matang.
6. Keluarkan dari oven dan loyang, dinginkan.
7. Oles cake dengan butter cream dan taburi keju cheddar serut, hias dengan buah cherry dan daun mint.
8. Sajikan

Alhamdulillah, sempat diicip bulek suami saya, katanya enak. Iya juga sih, secara saya sendiri sekali makan 2 potong saja gak cukup Dan berencana mau bikin lagi hehehehe. Hanya saja penambahan soda kue, membuat teksturnya agak berongga. Mungkin kalau baking powder saja, lebih halus dan lembut.

Happy milat LBT, semoga makin banyak menebar manfaat buat membernya aamiin

Untuk urusan foto, saya benar-benar sedang buntu ide style, jadinya simpel dan sederhana saja, gak banyak prop yang saya pakai kali ini. Bahkan untuk dapat natural light mesti kejar-kejaran karena bentar-bentar terang, bentar-bentar mendung. Jadi malas boyongan properti hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar