Kamis, 27 Agustus 2015

Putih Telur Crispy


Bismillah..
Selamat pagi, semoga menjadi Jum’at yang barokah buat semua pengunjung blog saya.  Masih dalam rangka memanfaatkan puti telur yang sudah saya kukus dan simpan baik di freezer. Menu untuk masakan sayur hari ini sudah terpikirkan yaitu tumis pokcoy atau lebih populernya sawi daging. Ih, kenapa sayur kok ada nama dagingnya? Mungkin karena pangkal sayur ini lebih tebal seperti irisan daging yak hehe.

Well, kembali ke putih telur tadi. Karena kemarin gak belanja untuk bahan lauk, saya mengusulkan id eke suami kalau bikin putih telur crispy saja. Dia setuju dengan menu itu, maklum suami saya tipe orang yang kalau makan, gak ada lauk gorengan itu berasa gak lengkap. Sebenarnya ide itu juga muncul berkat blogwalking ke blognya teteh Ayu di sini. Nah, karena ayam lagi mahal dan gak beli, kenapa gak resep crispy-nya saya terrapin ke putih telur. Jadi, ini percobaan pertama saya dan berharap semoga berhasil. Berikut resep yang sudah saya sesuaikan dengan bahan.


Putih Telur Crispy

Bahan :
250 gr putih telur kukus, belah jadi dua, iris tipis
½ sdt garam
½ sdt chicken powder non msg
¼ sdt lada halus

Bahan tepung bumbu :
100 gr tepung terigu protein sedang atau sesuaikan dengan kebutuhan
1 sdm tepung sagu
1 sdm tepung beras
½ sdt garam
½ sdt chicken powder non msg
¼ sdt pala bubuk1/2 sdt lada bubuk

Bumbu Celupan:
1 butir putih telur
1 sdt chicken powder non msg
50-100 ml air

Cara membuat :
-          *Taruh irisan putih telur dalam baskom, taburi dengan bumbu, aduk rata dan diamkan selama 15 menit.
-            *Bumbu celup ; Kocok putih telur dengan garpu hingga encer, beri chicken powder, aduk lagi, tuangkan air, aduk dan sisihkan.
-          *Tepung bumbu; campur semua bahan hingga rata, sisihkan.
-         * Penyelesaian ; ambil sepotong putih telur, gulingkan dalam tepung bumbu sebentar. Lalu celupkan pada bumbu celupan sebentar. Gulingkan kembali di tepung berbumbu sambil sedikit ditekan supaya padat (jangan terlalu keras, karena tekstur putih telur kukus mudah hancur). Lakukan hingga potongan putih telur habis.
-          Panasakan minyak, goreng putih telur yang sudah terbalut tepung bumbu hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan dan sajikan.



Sewaktu suami sarapan, saya tanya bagaimana rasanya? Alhamdulillah, katanya enak dan cocok di lidahnya. Bumbunya pun pas. Bisa dibilang suami ini agak-agak repot urusan bumbunya. Kalau dirasa kurang cocok, bisa gak berselera makannya dan saya sukses manyun dong hehehe

Selamat mencoba..


10 komentar:

  1. hmmm ajiiib, jadi ngiler liat fto itu kayanya enak dehh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya pun ingin bikin dan makan ini lagi mas. Terima kasih sudah mampir, salam kenal :)

      Hapus
  2. Oke, lauk ini boleh dimasukkan list lauk fave :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih papa, dan nanti utak-atik resep lagi bar tetap crispy :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih teteh, kreatif yang kepepet hahaha

      Hapus
  4. Pake sambel kayak nya lebih mantap hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. perkiraan anda benaar, terima kasi sudah mampir. salam kenal :)

      Hapus