Kamis, 23 Oktober 2014

Laksa Ayam Johor # Masbar Kuliner Malaysia #

Saya ikut challenge lagi. Kok kebanyakan ikut challenge sih? Iya dong, karena namanya juga tantangan yang ada memang menantang hihihi.
Tantangan kali ini dengan tema Kuliner Malaysia. Lha saya kan belum pernah ke Malaysia, bagaimana dong? Tenaang, kapan hari saya sudah browsing-browsing yang termasuk kuliner Malaysia. Sebagian sih masih mirip-mirip dengan masakan Indonesia. Akhirnya pilihan saya jatuh ke menu laksa. Duluu sewaktu sahabat saya di Banjarmasin menikah pas resepsi, laksa ini jadi salah satu menunya. Dan sekarang saya ingin makan lagi.

Ide sudah dapat, tinggal esekusi. Apadaya, kesibukan lain hampir bikin lupa, terutama kalau pas ada orderan kue. Jadilah di detik-detik deadline baru bisa bikin. Itupun sempat mikir, 
"Dimana beli laksa ya?" 
Secara pernah cari-cari di supermarket besar semacam Hypermart tidak ketemu juga. Akhirnya saya tanya Bu Elly boleh gak laksanya diganti mie telor, dan ternyata boleh hihihi. Yah, bisa ikutan deh, tadinya sempat nyerah hehe.
Nah, kebingungan lagi mau pakai resep siapa. Setelah browsing sana-sini. Saya putuskan pakai resep ala saya dengan memodifikasi resep sana-sini menyesuaikan bahan yang ada. Bahkan sempat dibuat kebingunan lagi dengan nama bumbu dengan bahasa Malaysia. Karena gak sempat lagi browsing, saya kira-kira saja deh dan sebagian bumbu saya skip. Semoga masih masuk kategori. Berikut resepnya.

Laksa Ayam Johor

Bahan kuah:
250 gr ayam
2 sdm minyak goreng
200 ml santan

Bahan A:
1 buah cabai merah
2 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
2 batang serai
4 cm lengkuas
3 buah kemiri
2 cm kunyit

Bahan B

100 ml air rebusan ayam
2 buah asam gelugur/ kandis
1/2 sdm garam
1 sdt gula merah
1 lembar daun salam
1 sdm air jeruk nipis


Bahan pelengkap
150 gr spagetti, rebus, titiskan, beri sedikit minyak biar tidak lengket
1/4 buah timun, iris halus
irisan bawang merah
100 gr tauge, seduh air panas sebentar.
3 buah telur rebus

Cara membuat:
- Rebus ayam hingga empuk, tiriskan dagingnya, suwir-suwir, sisihkan.
- Ambil 100 gr, haluskan dengan sedikit air rebusan ayam, sisihkan.
- Haluskan bahan A kecuali lengkuas, panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum, tambahkan lengkuas dan bahan B, aduk rata.
- Masukkan santan, masak hingga kuah mengental.

Penyelesaiannya:
- Tata spagetti dalam mangkok, beri taoge dan ayam suwir. Siram dengan kuah.
- Tata di atasnya telur rebus, irisan timun dan bawang merah iris.
- Siram lagi dengan sedikit kuah.
- Sajikan.

Sewaktu suami mencicipi katanya mirip kuah kari. Tapi kalau saya lain ya, karena ini ada sensasi asamnya. sayangnya tadi kurang pedas, andai pedas lebih nampol deh rasanya. Saya pikir, barangkali nanti si kecil pengen ikutan nyicip hehhee.
Buat saya ini sudah enaak, coba kalau pakai laksa beneraan. Wuih bakal ketagihan deh hehehe.

2 komentar:

  1. kalo laksa beneran lebih kenyal kah mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sudah lupa, soalnya pertama makan tahun 2010 dinikahan teman di kalimantan :D

      Hapus