Selasa, 14 Oktober 2014

Siomay Ayam + Udang

Sejak kapan saya suka siomay, tidak tahu pastinya. Biasa kalau makan siomay itu pas beli bakso atau batagor paket lengkap. Lebih seringnya saya beli jadi yang tinggal makan. Praktis dan gak pakai ribet. Tapi konsekuensinya, gak bisa makan sepuasnya dong hehehe.
Maka dari itu saya pengen mencoba bikin sendiri. Ribet? kelihatannya saja sih. Tapi pas prakteknya gak kok. Sebenarnya sudah lama pengin bikin, hanya saja kepentok sama urusan lain atau ada bahan yang kurang.

Nah pas blogwalking ke blog mbak Diah Didi, pas banget ketemu sama resep siomay ayam dan udang yang praktis dan gak ribet. Kebetulan juga bahan ada semuanya.Berikut resepnya saya tulis ulang ya.

Siomay Ayam & Udang

Bahan:
80 gram udang kupas, cincang halus
80 gr daging ayam, cincang halus
30 gr tepung bakso/ tepung tapioka biasa
10 lembar kulit pangsit

Bumbu:
1/2 sdt merica bubuk
Garam secukupnya
1/4 sdt kaldu ayam bubuk
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt minyak wijen

Cara membuat:
Campur semua bahan dan bumbu hingga rata ( tidak perlu diuleni supaya tidak keras), test rasa dnegan cara ambil sedikit adonan dan goreng.Jika sudah pas, ambil selembar kulit pangsit isi dengan satu sendok makan adonan lalu bentuk sesuai selera (kalau saya pakai cetakan bolu kukus). Kukus selama 10 menit atau hingga matang.
Sajikan dengan saus sesuai selera.

Alhamdulillah hasilnya enak. Hanya saja selesai dikukus saya dinginkan dahulu baru saya simpan dalam wadah kedap udara dan ditaruh freezer. Sewaktu-waktu pengen nyemil tinggal diangetin deh.

2 komentar:

  1. gampang ya mbak.tapi yg agak susah mbentuk somaynya
    kalo kulit pangsit yg enak biasanya merk venus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pakai cetakan bolu kukus xixixi. iya, aku beli venus. bikin homemade g punya gilingan :D

      Hapus