Rabu, 15 Oktober 2014

Strawberry Lamington Cake # LBT# 34

Suatu hari saya di tag sebuah foto cake oleh teman di Hong Kong. Tampak potongan cake yang dibalut kelapa kering. Waktu itu saya belum tahu, teman saya bertanya apa bisa bikin cake itu dan namanya apa. Karena minimnya ilmu saya soal perbakingan. Cuma meraba-raba saja kalau itu cake yang dibalut kepala kering. 

Sewaktu saya baca-baca sebuah bulettin yang dibagikan gratis pada salah satu tabloid masaja. Ada resep yang penampilannya mirip dengan foto cake kiriman teman saya itu, hanya saja yang di bulettin ini menyerupai brownies. Di situ dilampirkan namanya Lamicho Cake. Setelahnya ya saya anggap angin lalu dan belum berniat mencobanya.
Pada akhirnya kesempatan itu datang lewat PR di grup Lets Baking Together yang teman kali ini namanya Lamington Cake. Daan masin menguatkan pengetahuan tentang cake ini. Sehingga saya bisa mengatakan kalau foto cake kiriman sahabat saya itu, ya si Lamington Cake ini. Sebenarnya sudah tahu pengumuman dari kemarin-kemarin, cuma mood baking saya masih menguap. Sampai beberapa teman heran dengan kebiasaan saya yang semangat menyambut PR hehehe.
Semalam saya tekadkan untuk mengerjakannya. Lagipula tidak bikin puding untuk jualan harian. Aim ditemani papanya nonton TV bahkan sampai ketiduran. Saya utak-atik dan modifikasi sendiri deh resep dari Oscar Yung di Bakery Bulettin dengan nama Lamicho Cake tadi.


Strawberry Lamington Cake

Modifikasi : Ivonie Zahra

Bahan :
3 butir telur utuh
2 butir kuning telur
1/2 sdm sp
100 gr gula pasir
70 gr tepung terigu pro sedang
10 gr susu bubuk
1/4 sdt baking powder
50 gr margarin, lelehkan
15 gr butter
Strawberry pasta secukupnya

Bahan Filling
75 gr chocolate dark compound
25 gr margarin
10 gr butter
10 gr kacang tanah matang, cincang
4 buat strawbery, cincang

Bahan Coating/ Pelapis:
Chocolate dark compound secukupnya
Kelapa parut kering secukupnya

Cara membuat base cake:
- Kocok telur, gula dan sp hingga mengembang.
- Masukkan tepung terigu, susuk bubuk sambil diayak, aduk hingga rata.
- Tambahkan margarin cair dan pasta strawbery, aduk rata.
- Tuang dalam loyang yang sudah dipoles dan dilapisi kertas roti. 
- Panggang dalam oven dengan suhu 180 C hingga matang.

Cara membuat filling:
- Lelehkan chocolate compound, margarin dan butter.
- Tambahkan kacang tanah cincang dan strawbery.
- Dinginkan di kulkas kurleb 30 menit
- Mixer hingga lembut dan warna berubah menjadi coklat muda.

Finishing:
- Ambil cake belah menjadi dua bagian, olesi dengan cream filling lalu tutup dengan cake lagi.
- Lapisi dengan coklat cair, lalu taburi/ gulingkan di atas kelapa parut kering dan singinkan.
- Strawbery Lamington Cake siap di sajikan.


Sempat terjadi insiden kecil, sewaktu adonan sudah terlanjur di tuang ke loyang. Saya baru ingat belum dikasih pasta strawbery. Akhirnya dituang lagi ke kom adonan sambil ketar-ketir nanti cakenya rusak gak ya. Plus sekalian ganti loyang yang baru.
Setelah di panggang, Alhamdulillah tetap berhasil. Oh ya adonannya sempat bersisa, saya cetak deh pakai cetakan kupu teflon. Tambah bagus hasilnya meski ternyata sewaktu menaruh di dalam oven miring huhuhu.
Lamington cakenya enak, semalam bikin, tadi pagi buat sarapan termasuk si kecil Aiman 

2 komentar: