Senin, 01 Desember 2014

Ayam Lodho

Sejak kecil saya sudah jatuh cinta dengan masakan ayam lodho alias ayam yang dibumbui pakai lodho/lada dan kecap. Kalau ketemu masakan ini, nasi bisa tambah dan isi bakul pindah ke piring saya hihhii. belum lagi diakhir, piring pasti licin tak bersisa kuahnya yang coklat kental. belum puas? kadang sampai jari-jari dijilatin hihi #jijikjanganditiruyak.

Almarhum nenek dulu sering masak ini sewaktu acara selametan untuk membumbui ingkung ayam kampung. saya dan adik saya pasti berpesan, minta disisain kuahnya yang meskipun dimakan dengan nasi saja sudah nikmat tiada tara. Selain almarhum nenek, ibu saya pun sering membuatnya. 
Sekarang setelah saya berumah tangga sendiri, rindu ayam yang masak bumbu lodho ini. Hanya saja, saya pernah beda persepsi karena ayam lodho di Malang itu hampir mirim ayam yang dibumbu kuning. Sedangkan setahu saya ayam bumbu lodho itu kuahnya coklat pekat dan manis-pedas khas lodho/lada. Mencoba browsing adanya ya ayam lodho bumbu yang kuning itu. Sehingga saya gak putus asa bereksperimen dengan resep bumbu ngarang. Bumbunya sederhana dan mudah didapatkan. Bisa jadi di dapur selalu ada. berikut resep ayam lodho ala saya.

Ayam Lodho

Resep : Ivonie Zahra

Bahan:
10 potong pangkal sayap ayam
1 sdm air jeruk nipis

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir cabe rawit
1/2 sdt lada bubuk/merica bubuk
2 butir kemiri, sangrai
1 sdt garam
1 sdt gula pasir 

Bumbu:
 1 ruas lengkuas/laos, memarkan
1 batang serai
2 lembar daun jeruk, optional
100 ml air/santan encer
3-4 sdm kecap manis


Cara membuat:
- Cuci bersih sayap ayam, lumuri air jeruk nipis, remas-remas pelan, cuci bersih, sisihkan.
- Tumis bumbu halus, hingga harum, tambahakan lengkuas, serai dan daun jeruk, aduk rata.
- Masukkan ayam, aduk rata, masak sampai ayam berubah warna. tambahkan air dan kecap manis, aduk rata.
- Bubuhi dengan gula dan garam, tes rasa. Aduk rata, kecilkan api, masak sampai kuah menyusut dan kental.
- Angkat dan sajikan.


Oh iya, selain pakai ayam, bisa juga ditambah dengan kentang, makin nikmat deh. Kalau buat si kecil juga makannya, takaran lada bisa dikurangi. menyesuaikan dengan lidah si kecil.

4 komentar:

  1. oo ternyata lodho itu lada ya mbak..ayam kecap yg rempahnya lebih banyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mama Saladin, bumbu ladanya lebih kerasa. gak cuma sekedar kecap manisnya :)

      Hapus
  2. Jurus andalanku nie mba... dan alhamdulillah jd favorit anak2 jg...
    Dan anak2 biasa nyebutnya ayam kecap... as simple as it looks... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah jadi favorit ya, aku malah baru bisa mbak hehehe. Ntar juga mau tak terapkan buat si kecil :D

      Hapus