Rabu, 24 Juni 2015

Green Ombre Cake

Minggu lalu  dapat orderan ombre cake lagi. Meski bukan yang pertama kali tetap saja, saya mesti punya persiapan. Karena terdiri dari beberapa lapisan dengan gradasi warna dari tua hingga muda. Bila dulu saya pernah bikin warna biru, kali ini warna hijau sesuai request customer yang tak lain adalah istri teman kerja suami.

Kali ini saya mencoba resep Teteh Nenis, kalau yang dulu lupa pastinya resep siapa.  Satu resep bisa jadi 6 lapis dengan diameter 18 cm. Sehingga saya bikin per tiga lapis jadi dua ombre cake. Berikut resepnya saya tulis ulang.


Green Ombre Cake
Resep by : Nenis

Bahan Adonan A :
8 butir telur
230 gr gula pasir
30 gr emulsifier
½ sdt vanili bubuk

Bahan Adonan B :
250 gr tepung terigu pro sedang
10 gr maizena
½ sdt baking powder

Bahan Adonan C :
50 gr margarine, cairkan
150 ml minyak goreng
Pelengkap :
Pewarna makanan warna hijau muda hingga hijau tua.
Butter cream
Bahan Frosting :
200 gr cheese cream
50 gr susu bubuk
100 gr gula halus

Cara membuat :
1.       Frosting : kocok hingga rata dengan mikser kecepatan tinggi.
2.       Adonan :
-          Kocok Adonan A hingga mengembang.
-          Masukkan bahan adonan B, aduk rata.
-          Tambahkan bahan adonan C, aduk rata.
3.       Bagi adonan menjadi 6 bagian, beri pewarna pada masing-masing adonan.
4.       Tuang adonan ke masing-masing loyang berdiameter 18 cm yang sudah di alasi kertas roti, lalu kukus selama 8 menit.
5.       Angkat dan keluarkan dari loyang.
6.       Letakkan kue berwarna paling tua di bagian bawah, olesi dengan frosting.
7.       Tumpuk dengan kue berwarna lebih muda oles tipis frosting. Lakukan hingga kue habis.
8.       Cover dengan butter cream menyesuaikan warna seperti lapisan dalamnya.


Kata pemesannya, Alhamdulillah enak. Dan pas saya makan yang sisanya pun beneran enak, gak enek dan gak seret. Teksturnya lembut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar