Kamis, 11 Juni 2015

Pindang Ikan Bandeng


Pindang? Apa yang ada dalam pikiran anda? Dulu sebelum saya bisa memasak, yang saya tahu pindang itu nama salah satu jenis ikan laut. Akan tetapi setelah saya banyak belajar tentang memasak dan jenis masakan dari berbagai daerah. Bahwasannya pindang adalah nama jenis masakan. Namun berasala darimana pastinya saya belum tahu banyak.

Tempo hari pas belanja ke pasar, saya tertarik melihat ikan bandeng yang tidak terlalu besar seperti biasanya. Kebetulan sekali penjualnya adalah penjual ikan langganan yang ternyata sudah memisahkan diri dengan penjual yang dulu. Dia jualan sendiri.  Lalu saya memutuskan untuk membeli setengah kilo.

Nah, hari ini rencananya mau saya olah, dan lagi-lagi saya kebingungan. Suami sempat mengusulkan untuk menggorengnya saja. Tetapi saya kurang setuju, berhubung tidak ada menu sayur. Jadilah si ikan bandeng ini saya olah untuk menu utama. Dan pilihan saya jatuh pada jenis masakan pindang.  Berikut resep sederhananya.

Pindang Ikan Bandeng

Bahan :
500 gr ikan bandeng, cuci bersih
1 sdt air asam
1 sdm garam
250 ml santan
3 buah bawang merah, iris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis
1 buah cabai merah, iris serong
½ sdt kunyit bubuk
2 batang serai, memarkan
2 sdt garam
2 buah asm kandis

Bumbu halus :
3 buah bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabai merah
2 cm jahe
2 cm lengkuas
1 cm kunyit

Cara membuat :
1.      Potong-potong ikan, lumuri dengan garam dan air sam, sisihkan.
2.      Panasakan minyak goreng, masukkan ikan, goreng sampai kering dan matang. Angkat dan tiriskan.
3.      Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan bumbu halus sampai harum. Masukkan serai, garam dan santan, masak hingga keluar minyak.
4.      Masukkan ikan dan asam kandis, masak dengan api kecil sampai bumbu meresap.

Saat suami mencicipi, Alhamdulillah rasa bumbunya cocok dilidahnya. Saya tidak perlu khawatir lagi memasak menu ini lain kali. Hanya saja saya belum bisa membandingkan dengan pindang ikan bandeng menu restoran maupun warung yang biasa menjual menu maskan Padang. Dan jenis pindang ini lain dengan pindang yang pernah saya masak.


2 komentar:

  1. Fotonya bagus, warna pindang ikan bandeng yang kuning begitu kontras dengan latar belakang kayu yang putih.
    Rasanya juga enak, makasih Ma atas masakannya ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih papa, semoga mam rajin masak terus ya ^^

      Hapus