Kamis, 04 Juni 2015

Lapis Pandan

Lapis adalah jajanan tradisional yang sampai sekarang tetap diterima oleh masyarakat. Bahan dan caranya yang mudah serta rasanya yang legit, tetap diminati. Saya pertama bikin lapis justru bukan lapis yang sering saya makan sewaktu kecil, melainkan lapis India. Rasanya tak jauh beda dengan lapis beras, hanya saja bentuk lapisannya yang bergelombang. 

Kesempatan untuk membuat lapis akhirnya datang juga. Kemarin ada ada orderan lapis pandan, awalnya ragu untuk membuat sendiri. Akhirnya dengan tekad serta mempelajari sebuah resep, saya putuskan untuk membuatnya. 
Hasil dari browsing beberapa resep lapis, pilihan saya jatuh pada resep lapis pandan NCC. Berikut resepnya saya tulis ulang.

Lapis Pandan 

Bahan :

100 gr tepung sagu
275 gr tepung beras
300 gr gula pasir
1 sdt garam
1,5 ltr santan
3 lembar daun pandan
6 lembar daun jeruk purut
Pewarna hijau ( 30 lembar daun pandan suji + 5 lembar daun pandan + 2 sdm air, blender dan saring )

Cara membuat : 
1. Masak santan, daun pandan dan daun jeruk purut sambil di aduk-aduk hingga mendidih, angkat dinginkan.
2. Taruh dalam wadah, tepung beras, tepung sagu , garam dan gula pasir. Aduk rata. Tuang santan matang sedikit demi sedikit sampai santan habis sambil diuleni hingga adonan menjadi encer.
3. Bagi adonan menjadi dua, satu biarkan putih dan satunya campur dengan pewarna hijau.
4. Siapkan loyang uk 18x18x8 cm (saya pakai uk 20x20x7 cm) yang sudah dipoles dengan minyak sayur dan di alasi plastik.
4. Tuang adonan putih kurleb 4 sendok sayur, kukus dalam dandang yang sudah dipanasi dan banyak uapnya selama 10 menit. lakukan selang-seling dengan yang hijau hingga habis. Terakhir kukus adonan kurleb 20 menit hingga matang.
5. angkat dari dandang, dinginkan dan potong sesuai selera.

Alhamdulillah puas dengan hasilnya. Meski saat proses pembuatan sambil dag-dig-dug takut gagal hehe. Rasanya legit, manisnya pas menurut saya jadinya gak enek. teksturnya gak terlalu lembek juga gak terlalu keras. Bersyukur lagi customer saya suka dengan lapis dan pesanan kue basah lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar