Kamis, 20 Agustus 2015

Ayam Goreng Lada


Bismillah…
Saat ini harga ayam sedang mahal ya. Beberapa hari saya lihat berita di tv, harga ayam meroket, yang tadainya berkisar 25-27 ribu per kilo. Sekarang jadi naik kisaran 35-38 ribu per kilo. Meskipun saya belum sempat belanja ke pasar lagi, jadi belum merasakan betul kenaikan harga ini. Semua serba mahal, daging sapi harga naik, daging ayam juga ikutan naik dan harga cabe pun juga begitu.

Berhubung belum sempat belanja, hari ini menu masaknya masih edisi bersih-bersih isi kulkas.  Kalau kemarin putih telur, hari ini ada paha ayam  empat buah, sekitar semperempat kilo. Lumayanlah bisa buat lauk saya dan suami, sementara Aiman ada menu tersendiri. Karena waktu memasaknya sudah mepet dengan suami berangkat kerja. Paha ayam saya olah dengan menu yang simple, digoreng saja. 
Akan tetapi bukan ayam goreng biasa sih. Berikut resepnya ayam goreng biasa jadi lebih manyus. Bahkan tanpa perlu dicolek pakai sambal udah enak.


Ayam Goreng Lada
Bahan :
250 gr paha ayam
1 sdt garam
½ sdm air jeruk nipis
1 sdt minyak wijen
½ sdt lada bubuk

Bumbu masak :
3 siung bawang putih cincang
5 buah cabai merah rawit, iris halus
2 batang daun bawang kecil, iris halus
½ sdt garam
½ sdt lada bubuk
½ sdm margarine untuk menumis

Cara membuat :
1.       Lumuri paha ayam dengan air jeruk nipis, garam, lada bubuk dan minyak wijen, aduk rata. Diamkan ½-1 jam, sisihkan.
2.       Panasakan wajan dengan minyak banyak, goreng paha ayam hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
3.       Panasakan margarine, tumis bawang putih, cabe hingga harum, tambahkan daun bawang, garam dan lada, aduk rata.
4.       Masukkan paha ayam, aduk hingga bumbu merata. Matikan api.
5.       Angkat dan sajikan.


Oh iya, resep ini gak hanya untuk paha ayam ya. Pakai daging ayam bagian lain juga bisa. Karena saya suma ada paha ayam. Beneran nikmat disantap dengan nasi hangat. Saya sampai nyesel paha ayamnya cuma seperempat kilo. Lain kali mau masak agak banyak deh, tapi nunggu harga ayam turun ya hehehe…

Selamat mencoba 

3 komentar: