Kamis, 17 April 2014

LBT # 31 Bakpia Kacang Hijau



Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Istilah bakpia sendiri adalah berasal dari dialek Hokkian (Hanzi: 肉餅), yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Di beberapa daerah di Indonesia, makanan yang terasa legit ini dikenal dengan nama pia atau kue pia. Bakpia termasuk salah satu masakan yang populer dari keluarga Cina atau Tionghoa.


Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta. Mengingat masyarakat Jogja cukup banyak yang beragama Islam, pada perkembangannya, isi bakpia yang semula daging babi pun diubah menjadi kacang hijau. Kemudian rasa-rasa dari bakpia dikembangkan menjadi cokelat, keju, kumbu hijau, dan kumbu hitam.

Sumber : Wikipedia

Niat hati ingin setor PR kali ini tepat waktu jadi gagal, gegara sibuk packing mau mudik ke Blitar. Padahal bakpianya sudah dibikin beberapa hari yang lalu. Ditambah lagi dengan mengerjakan orderan pie susu jumbo. Ya sudah deh, alamat setor telat.
Sewaktu cek di grup, beuuh. Hati langsung ciut karena lihat hasil punya teman-teman yang bagus-bagus. Lha punya saya? Gak pede banget. Secara waktu manggang lupa di balik dan manggangnya kelamaan hihihi. Mau bikin lagi kok mood-nya buat baking masih belum genap menyatu dengan hatiku…ceilaah bahasanya xixixi.
Well, daripada gak setor. Akhirnya memeberanikan diri setor yang ini, harap dimaklumi yak arena baru pertama belajar dan bikin bakpia. Resepnya modifikasi resep dari sobekan koran entah apa namanya dan tahun berapa karena sudah lusuh. 


Bakpia Kacang Hijau

Bahan A:
150 gram tepung terigu protein sedang
½ sdm mentega putih
½ sdt garam
40 gr gula halus
75 ml susu cair

Bahan B:
200 gram tepung terigu protein rendah
60 ml minyak sayur

Bahan isi:
100 gram kacang hijau kupas, rendam 1 jam dan kukus dan haluskan dengan 50 ml susu cair.
100 gram gula halus
50 ml minyak sayur


Cara membuat isi:
           Jerang 50 ml minyak di atas api, masukkan semua bahan. Aduk-aduk hingga kalis. Sisihkan.
Cara membuat bakpia:

1.      Uleni bahan A hingga kalis, sisihkan.
2.      Ulenin bahan B hingga kalis, sisihkan.
3.      Pipihkan adonan A.


 4.      Pipihkan setengah adonan B. letakkan di atas adonan A yang sudah dipipihkan. Lipat.
5.      Pipihkan sisa adonan B, letakkan di atas adonan B yang sudah dilipat. 


6.      Gulung adonan. Diamkan selama 1 jam dan tutup dengan serbet . 


7.      Potong melintang 1 cm, pipihkan isi dengan adonan. Bulatkan hingga rapi.
8.      Letakkan di atas loyang. Panggang dalam oven dengan suhu 190 derajat celcius kurleb 10-15 menit. Jangan lupa dibalik dan panggang dengan waktu yang sama. Angkat dan dinginkan.

Saking sibuknya sambil packing, lupa gak dibalik, ya sudah. Yang penting bakpianya matang dan gak terlalu gosong bawahnya. Bagian atasnya mulus gak pipih tapi tetap kuning kecoklatan hehehe.



Hasilnya enak, lembut. Jadi pengen bikin lagi. Nyatanya setoples saya habiskan sendiri xixixix.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar