Jumat, 30 Januari 2015

Decorated Cake Anniversary # Challenge 8 # YKMK

Haloo...apakabar pengunjung blog saya?
Maaf, sudah lama tidak update blog ya. saya benar-benar sibuk di kehidupan nyata (emang ada kehidupan lai? ) :D Sehingga tidak sempat menyisihkan waktu untuk memposting. Sebenarnya banyak yang ingin di tulis tapi apa daya, kalau mengentik panjang kali lebar, bawaan malas karena sudah capek dengan pekerjaan rumah tangga atau orderan.

Tetapi kali ini saya sempatkan waktu khusus untuk turut serta meramaikan challenge grup masak dan baking YKMK yang sedang berulang tahun alais anniversary yang pertama. Meski baru setahun, tetapi sudah banyak memberikan manfaat buat membernya, bertambah ilmu masak atau baking dengan adanya challenge setiap bulan dengan hadiah-hadiah yang menarik sebagai reward. Bertambah teman dari berbagai wilayah. Pokoknya seru deh ikutan grup ini. Semoga harapan saya, grupnya makin solid, banyak kreasi-kreasi keren yg dibuat oleh member-membernya. 

Kali ini saya setornya benar-benar mepet deadline. Sudah daftar lama, tetapi waktu esekusinya yang belum sempat. Jadi sungkan saya sama mbak Lynda. belum lagi pr yang lain huhu. Untunglah masih ada waktu dan ada satu layer cake untuk lapis surabaya, barengan bikin buat base cake ultah Aim, sempat ragu dan maju mundur mau ikut. Akhirnya nekad saja deh pakai satu satu lembar cake yang saya potong menjadi 2 layer. 
Daaan taraa...jadi deh cake anniversary buat ykmk. Saya pakai resep lapsur ekonomis. Irit telur dan pakai metode all in one jadi gak pakai ribet deh. berikut resepnya saya tulis ulang ya.

Lapis Surabaya

Resep by : Buku Cake Ekonomis Karya Ambarini

Bahan:
6 butir telur
150 gr gula pasir
175 tepung terigu pro rendah
30 gr tbm/sp
3 sdm susu bubuk
75 ml susu cair
1/2 sdt vanili bubuk
150 gr mentega cair
1 sdm coklat pasta

Bahan filling :
Selai strawbery secukupnya
Biskuit Oreo

Bahan Butter cream :

500 gr mentega putih
100 gr whipped cream bubuk+ 150 ml air matang biasa
1 kaleng skm
1 sdt pasta vanila/optional

Cara membuat:
1. Siapkan 2 loyang uk 20x20x4 cm, yang sudah dialasi kertas roti dan dioles tipis margarin, sisihkan.
2. Kocok telur, gula, sp, terigu, susuk bubuk dan susu cair hingga kental berjejak.
3. masukkan mentega cair, aduk rata dan perlahan.
4. Bagi adonan menjadi dua, satu diberi pasta coklat secukupnya, aduk rata dan satunya beri pewarna kuning muda secukupnya. 
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 200 C selama kurleb 20 menit hingga matang kecoklatan.
6. Angkat dan dinginkan.
7. Cake siap dihias sesuai selera.

Cara membuat Butter cream:
1. Kocok mentega putih kurleb 15 menit, hingga agak ringan.
2. tambahkan whipped cream yang sudah diseduh dengan air matang, kocok lagi hingga rata.
3. Tambahkan skm sesuai selera dan pasta vanili aduk hingga lembut dan butter cream siap digunakan.



Senang banget pas teman-teman bilang lapis surabayanya enak. Sengaja cuma dibikin dua layer. karena loyangnya cuma ada dua hehe. Selain itu, biasa pakai simpel sirup untuk cake sebelum dioles butter cream, tadi sengaja pakai teh manis. Pastinya tambah harum teh cakenya heheh. Untuk butter cream sendiri, ini resep andalan dari mbak Ricke yang saya skip merry whipnya, kalau dikasih itu lebih lembut lagi.
Sekali lagi saya ucapkan happy birthday YKMK, semoga makn berjaya dan bermanfaat, makin keren-keren kreasi membernya serta ide-ide challenge yang menarik.

2 komentar:

  1. Loh kita sama ya bikin LapSur...juga last minute...hihihi:)
    Terima kasih sudah ikut berpartisipasi pada Challenge #8 1st ANNIVERSARY YKMK, sukses.
    Sambil menunggu Pengumuman Pemenang Challenge, di bulan Februari kita juga meramaikan #YKMKpostingkompakan bolu gulung ber'PINKria', ada hadiah menariknya juga loh...ikutan yuuuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya kah, hihihi soalnya ini lapsurnya simpel dan semua pada suka.
      Siap, semoga bisa turut berpartisipasi ya :)

      Hapus