Senin, 09 Februari 2015

Puding Vanilla+ Coklat Bunga for Ragil

Sabtu kemarin saya mudik ke Blitar, sudah menjadi agenda rutin sebulan sekali saya dan suami juga Aiman mudik ke rumah orang tua saya. Meski sejak menikah saya menetap dan pindah domisili Malang, tidak lantas melupakan tempat saya dibesarkan sekalipun masih ada rumah ortu yang kebetulan kosong.

Selain itu juga untuk menghadiri acara syukuran pernikahan sepupu.Berhubung di Blitar gak ada oven dan dkk dan saya mesti repot kalau harus boyong-boyong oven, apalagi mudik cuma pakai motor. 
Akhirnya saya memutuskan untuk membuatkan puding cake saja. Lebih praktis karena saya hanya perlu membawa loyang dan bahan. Untuk cake saya beli jadi di supermarket karena hanya sebagai base puding. 
Sabtu malam saya buat base-nya, baru pagi di dekor. Rencana awal sekalian pengen belajar bikin puding 3 Dimensi tetapi waktunya gak cukup. jadilah dibuat seadanya saja. Berikut resep pudingnya.

Puding Cake Vanilla Coklat

Bahan Lapisan Puding Vanilla :
2 bungkus agar-agar plain
250 gr gula pasir
500 ml susu cair plain
700 ml air
1 sdt jelly bubuk
1 sdt pasta vanilla

Bahan Lapisan Puding Coklat : 

2 bungkus agar-agar plain
250 gr gula pasir
500 ml susu cair coklat
700 ml air
1 sdt jelly bubuk
1/2 sdt pewarna coklat

Bahan Lapisan Topping

2 bungkus agar-agar plain
400 gr gula pasir
pewarna merah secukupnya
pewarna hijau secukupnya

Bahan Perekat topping :
1 bungkus agar-agar plain
100 gr gula pasir 
300 ml air 

Cara membuat: campur jadi satu, masak sampai mendidih, biarkan uap panas hilang, siram perlahan di atas puding ayng sudah didekor/topping.

Bace cake : Vanilla Chiffon Cake

Peralatan dekor : cetakan kue kering bentuk daun dan plunger fondant bentuk bunga.
Huruf pakai cetakan kue kering alphabet.

 
 

Cara : 
1. Siapkan loyang ukuran 24 cm, basahi dengan air, sisihkan.
2. Campur jadi satu semua bahan puding vanilla, masak di atas api sedang sambil diaduk hingga mendidih (tapi tidak sampai mengumpal-gumpal mendidihnya).
3. Matikan api, aduk-aduk supaya uap panasnya hilang, tuang dalam loyang. Biarkan dingin dan membeku.
4. Jika sudah beku, sayat-sayat lapisan atas dengan ujung pisau yang runcing.
5. Letakkan vanilla chiffon cake di atasnya. sisihkan.
6. Masak bahan puding coklat seperti puding vanilla. 
7. Hilangkan uapnya, tuang ke dalam loyang perlahan-lahan agar cake tidak naik. 
8. Dinginkan hingga membeku.
9. Masak sebungkus agar-agar dan 200 gr gula pasir, tambahkan pewarna merah secukupnya. Aduk hingga mendidih, dinginkan hingga beku.
10. lakukan hal yang sama dengan satu bungkus agar-agar plain dan sisa gula, beri pewarna hijau. Tuang di wadah yang lebar supaya lapisan agak tipis.

Penyelesaian: 

Balikan loyang yang berisi dua lapisan puding di piring saji. Base puding siap di hias dengan agar merah dan hijau sesuka hati.

NB: puding ini bisa dinikmati dengan vla/tanpa vla.
Bila suka, bisa pula dikasih kuning telur di tiap lapisan. tetapi saya sengaja gak dikasih supaya gak amis, takutnya malah gak suka. kelebihan dikasih kuning telur, suapaya tekstur pudingnya bisa lebih lembut lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar