Senin, 18 November 2013

Brownies Kukus Mangga Putel



Dipertemukan dengan Senin lagi hehe. Kemarin sengaja gak bikin cemilan. Suamipun pas lembur dari jam 9 sampai jam 1. Sebelum berangkat lembur, jalan-jalan pagi dulu ke pasar Minggu. Yuhuuuy, dapat pisau segitiga buat mengambil potongan cake biar tetap rapi. Senangnyaaa bisa menambah peralatan dapur sekaligus buat property foto…#tetep

Berhubung kemarin gak bikin cemilan, hari ini saya memanfaatkan putih telur sisa bikin cookies. Dan berhubung malas ngubek-ngubek kumpulan buku resep, saya coba cari di memo blackberry. Alhamdulillah ada resep brownies dari putih telur. Dilihat dari bahan dan caranya pun mudah. Ya wes, habis bikin menu siang Aiman, saya esekusi ini brownies.
Pada waktu menyiapkan bahan, Aiman masih dipegang neneknya. Begitu saya mau mulai mengocok, dia rewel minta nempel emaknya. Akhirnya mengocok telur dkk sambil menggendong Aiman. Bakin bareng bocil umur 9,5 bulan itu agak was-was bagi saya. Kenapa? Karena fase ini masa-masa ingin tahunya besar. Tadi saja Aiman sempat mau meraih mixer yang saya pegang.
Kalau gak gitu berusaha meraih bahan lain yang belum saya campur. Bener-bener harus pinter membuatnya tenang melihat proses emaknya membuat cemilan. Dalam membuat brownies kali ini, saya pakai resepnya mbak Asmara Dewi, hanya saja dark coklatnya saya ganti dengan mangga. DCC sengaja saya buat untuk topping saja. Sebagai berikut resepnya :

Brownies Mangga Kukus Putih Telur

Bahan :
200 gr putih telur
50 gr margarine, lelehkan
50 gr DCC, cincang
¼ sdt garam
125 gr gula pasir
1 sdm emulsifier (saya pakai TBM)
100 gr tepung terigu
15 ml susu UHT
100 gr mangga matang, haluskan
Cara membuat :
1.      Siapkan Loyang ukuran 20x20x7 cm atau bisa juga pakai ukuran 22x22x7 ( saya pakai Loyang brownies oval) olesi margarine, alasi kertas roti dan oleh margarine lagi, sisihkan.
2.      Lelehkan margarine, sisihkan.
3.      Lelehkan DCC, sewaktu hampir meleleh tambahkan susu uht aduk rata, biarkan hingga leleh sempurna, sisihkan
4.      Kocok putih telur, garam, gula dan emulsifier sampai mengembang dan soft peak. Jangan terlalu kaku ya.
5.      Masukkan  mangga dan terigu, kocok dengan speed rendah sampai tercampur rata, matikan mixer.
6.      Masukkan margarine leleh, aduk balik sampai rata dan homogeny ( pastikan tidak ada tepung yang tidak tercampur rata)
7.      Tuang dalam loyang (saya bagi dua ) ratakan dan kukus selama 20 menit dengan api kecil
8.      Angkat, dinginkan, siram dengan dcc leleh, sajikan.

Catatan :
# Sebelum mengukus brownies, pastikan kukusan sudah benar2 panas hingga keluar uapnya saat kita mau membuat adonan.
#Tutup kukusan ditutup dengan kain / serbet bersih agar air tidak menetes dan merusak permukaan adonan.
#jangan membuka tutup kukusan sebelum 20 menit.

Hasilnya punya saya mengembang, permukaan atas pun mulus alias gak ada pori-porinya. Dan teksturnya lembut, hanya saja saya perlu banyak belajar memberi topping dengan lelehan dcc. Secara masih berantakan alias lelehannya gak teratur :D

Well, saya cukup puas dengan eksperimen brownies kukus putih telur hari ini. Apalagi kalau disantap dengan the hangat, hemmm….gak cukup potongan pertama saja :D

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Ah iya, lupa mencantumkan. ! biji ukuran sedang kira2 100 gr mbak Nidya :D

      Hapus