Jumat, 15 November 2013

Pizza Minimalis




Gegara Mak Tissa upload foto tentang pizza minimalis, saya jadi mupeng deh. Secara suka sama pizza. Pas hamil saja saya pernah malam-malam minta suami suruh belikan pizza di pizza hut, itupun porsi yang kecil karena harganya yang melambung kalau gede :D

So, dua hari yang lalu saya nguprek di dapur bikin ini pizza. Dilihat dari resepnya semua bahan punya dan gampang. Cuma kok ada adegan banting2 adonan itu lho hihihi. Sebelum nguprek sempat nyusuin Aim dulu sampai tidur, baru deh bikin. Beruntungnya lagi pas banting-banting adonan Aiman gak bangun. Saya pun ngungsi di ruang sebelah depan televisi
Saya pakai resep mak Tissa tapi takaran disesuaikan


Pizza Minimalis

  Bahan:
-terigu 15sdm ( saya pakai 16 sdm)
-blueband 1 sdm
-minyak goreng 2sdm
-garam+gula(selera)
-ragi instan 1sdt
-telor 1butir
-air dingin kurleb 1gelas ( saya setengah gelas saja)
Saus:
-bawang putih+bawang bombay tumis masukan saus
tomat +paprika+oregano+lada bubuk+garam+gul
a..masak hingga mengental ( saya tambahin 1 sdm pasta tomat bikinan sendiri)
CARA MEMBUAT:
1.campur terigu+ragi instan+blueband+gulagaram
aduk hingga berbutir
2.masukkan telur+minyak goreng+air aduk hingga
kalis
3.banting adonan 20menit hingga lentur elastis
4. Bulatkan adonan tutup dengan lap basah
45menit
5.setelah adonan mengembang kempiskan dan
pipihkan d atas loyang
6.taruh saus d atas adonan beri toping sosis
+keju panggang 25menit. ( saya pakai kejunya quick Mealt kraft yang mudah leleh pengganti mozzarella, soalnya mihil hahaha)

Herannya kok adonan gak bisa mengembang ya? Apa karena saya pakai ragi instat yang beli bungkusan yang ecer? Masih penasaran penyebabnya, padahal udah dibanting 20 menit-an lho. Sampai tangan beneraaan pegeeeel.
Tetapi, begitu matang langsung serbuuu. Eh saya ngovennya tambah waktu 20 menit pakai api bawah saja, hasilnya lebih garing dan empuk.
Biar sudah di makan saya, suami, 2 ponakan masih nyisa. Ya iyalah saya pakai Loyang yang diameternya 24 cm hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar