Sabtu, 02 November 2013

Schotel Terong Isi Daging



Sebenarnya keinginan bikin sekotel terong sudah lama mengendap di hati, hanya saja harus saya tunda esekusinya karena ada bahan yang kurang. Waktu itu belum punya oregano, karena bikin sekotel kalau ditambah rempah ini lebih harum hasilnya.

Nah, pas susah punya oregano, lagi-lagi harus saya tunda bikinnya karena tak punya pinggan tahan panas yang ukurannya agak besar. Sehingga saya mesti bersabar sedikit lagi. Selain pinggan yang belum punya, gak punya daging sapi juga hehe. Mungkin bisa juga sih diganti daging lain, tapi ingin bikin yang lebih special gitu maksud hati hehehe.
Kemarin pas belanja bulanan sekalian tukar stamp Hypermart yang rajin saya kumpulkan dan berencana ditukar dengan pinggan tahan panas sesuai yang saya incar sejak awal mengumpulkan. Alhamdulillah kesampain juga hehe # maklum emak-emak cari yang murah, apalagi kalau gretongan pasti semnagat :))
Yuhuuuy…semua bahan sudah siap. Eits, nanti dulu ternyata masih ada yang kurang. Apa itu? Gimana menghaluskan daging sapinyaaaaaa? Diblender jelas gak mungkin, gak punya chopper pula. Akhirnya mau gak mau mesti perlu perjuangan nih. Dicacah pakai pisau daging yang berhasil bikin tangan pegeeeeeel….
Tidak apa-apa pikir saya, yang penting bisa bikin sekotel deh hihihi. Dan inilah resep sekotel yang saya bikin.


Sekotel Terong isi Daging
Bahan :
2 buah terong ukuran sedang
2 sdm minyak sayur
1 buah bawang Bombay, cincang
2 siung bawang putih
500 gr daging sapi, cincang/haluskan
300 gr tomat, iris tipis
2 sdm saus tomat
2 sdm peterseli, cincang halus
300 gr keju cheddar
½ sdt pala bubuk
1 sdt oregano
2 sdm garam
1 sdt gula

Cara Membuat :
1.      Cuci bersih terong sampai bersih lalu potong tipis-tipis dan rendam air  1 sdt garam kurleb 20 menit, sisihkan
2.      Bilas terong dnegan air bersih dan panggang terong sampai matang.
3.      Panaskan minyak, tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai layu dan harum, tambhakan daging masak sampai matang.
4.      Setelah daging empuk, tambahkan saus tomat, tomat dan peterseli masak hingga daging benar-benar matang, tambahkan garam, gula, dan pala, aduk rata. Matikan api.
5.      Siapkan pinggan tahan panas, olesi dengan margarine, susun terong yang sudah matang di dasar pinggan.
6.      Masukkan daging ke dalam pinggan tadi, tutup dengan sisa terong, taburi pala dan oregano tambahkan parutan keju.
7.      Panggang di oven dnegan suhu 180 darcel selama kurleb 45 menit
8.      Keluarkan dari oven, sekotel isi daging siap disajikan.


NB: sekotel ini lebih enak pakai keju ricotta dan parmesan, namun berhubung saya punyanya keju cheddar yang pakai itu.

3 komentar:

  1. kemarin dapat oregano kemasan 40 gram harga cuma 15.600 hihihiihi

    BalasHapus