Senin, 07 April 2014

Puding Custard Lapis Tomat # Masbar Puding Dingin#




Tantangan Masbar kali ini, puding dingin. Meski sudah sering bikin puding, tetap saja giliran untuk tantangan jadi bingung sendiri. Bingung ingin bikin puding apa hihihi. Sebenarnya puding ini dibikin dua hari yang lalu, dimakan pas cuaca Malang lagi panas-panasnya. Bikin nyeees di tenggorokan.

Setelah memilah-milah resep, akhirnya jatuh pada puding custard lapis tomat di Tabloid Koki yang sudah saya modifikasi. Sekalian memanfaatkan buah tomat di kulkas yang belum sempat dimasak.


Di dalam resep tercantum ukuran loyangnya 20x10x7, berhubung saya gak punya ya memakai loyang seadanya. Pakai loyang oval. Sempat terjadi insiden sewaktu mengeluarkan puding saudara-saudara, lapisannya lepas huhuhu. Baru kali ini bikin puding lapis, lapisannya gak menyatu. Kemungkinan saya kelamaan memasukkan adonan puding berikutnya. Sehingga terlanjur beku. Tapi bukan berarti menyerah gitu saja. Alhamdulillah masih ada lapisan yang menyatu dengan cantik. Berikut ini saya sertakan resepnya yang sudah dimodifikasi.



Puding Custard Lapis Tomat
Resep: Tabloid koki
Modif: Ivonie Zahra

Bahan Puding Custard:
1 bungkus agar-agar bubuk plain
1 sdt jelly bubuk
2 sdm tepung custard
150 gr gula pasir
800 ml susu cair
¼ sdt garam

Bahan Puding Tomat:
1 bungkus agar-agar bubuk plain
1 sdt jelly bubuk
125 gr gula pasir
250 gr tomat segar, potong kasar
600 ml air
Pewarna merah secukupnya

Bahan Saus Jeruk:
1 bungkus nutrisari rasa jeruk
500 ml air
50 gr tepung maizena
5 sdm gula pasir

Cara Membuat:
1.      Saus jeruk: campur semua bahan, aduk hingga tepung larut. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat dan sisihkan.
2.      Puding Custard: campur semua bahan menjadi satu, aduk rata hingga tepung custard larut. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih, angkat. Biarkan uap panasnya hilang. Bagi menjadi 4 bagian.
3.      Tuang 1 bagian adonan puding custard ke dalam loyang yang telah dibasahi air. Sisihkan.
4.      Puding Tomat: Blender tomat dengan sebagian air hingga halus, saring. Campur dengan sisa air aduk rata. Tambahkan agar-agar bubuk, jelly bubuk gula pasir aduk hingga rata. Masak sambil sesekali diaduk hingga mendidih, angkat.
5.      Tuang 1 bagian adonan puding tomat ke dalam loyang berisi puding custard. Biarkan hingga setengah mengeras.
6.      Lakukan hal yang sama bergantian antara puding custard dan tomat hingga adonan habis. Biarkan puding hingga mengeras. Keluarkan dari loyang, potong-potong.
7.      Sajikan bersama saus jeruk.


Akhirnya lapisan yang amsih menyatu tadi saya tata di piring saji dan foto-foto dulu buat dokumentasi tantangan Masbar. Sisanya langsung dimakan bareng-bareng sama ponakan suami.  Eits, gak Cuma itu saja. Sisa lainnya saya modifikasi lagi jadi puding mozaik dan esoknya saja jual titip ke kantin SD tempat tetangga saya mengajar. Alhamdulillah 20 cup laris manis


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Kalau ini udah habis Yo, adanya puding telor ceplok nih, mau? :D

      Hapus
  2. Mba..jelly bubuk apaan ya? sejenis nutrijelkah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya serbuk jelly mbak hera, iya. cuma ini pakai yang gak bermerk. kalau nutrijel kan merk-nya :)

      Hapus