Kamis, 12 Juni 2014

Es Mentimun Selasih



Sekarang sudah masuk musim kemarau pastinya ya. Meski kadang cuaca tak bisa ditebak, Yang tadinya panas hingga beberapa hari. Hari berikutnya turun hujan deras. Apalagi mendekati bulan Ramadhan,membuat minuman segar adalah menu yang pas untuk berbuka puasa.

Berhubung ini dalam rangka menyegarkan cuaca yang panas. Tertarik bikin es mentimun selasih. Yup, saya termasuk penggemar mentimun. Entah itu untuk rujak, lalapan maupun di sayur. Nah, kali ini mencoba dibuat minuman. Resep asli saya dapat dari tabloid KoKi . Akan tetapi seperti biasanya saya suka memodofikasi sesuai dengan selera saya.
Membuatnya pun mudah dan murah meriah. Kata teman suami, yang kebetulan hari ini saya bawakan. Es-nya enak dan segar, cocok untuk dijual sebagai takjil pas bulan Ramadhan nanti. Ide bagus kan hehehe. Berikut resepnya.


Es Mentimun Selasih

Bahan:
500 gr mentimun, buang bijinya, serut kasar
10  gr selasih, rendam air panas
500 ml air
500 gr gula
Pewarna hijau secukupnya
5 lembar pandan
200 gr nata de coco
200 gr jelly
1 sdm air jeruk nipis
Es batu bentuk kotak

Cara membuat:
-          Sirup: rebus air, gula dan daun pandan sambil sesekali di aduk hingga mendidih dan gula larut. Tambahkan pewarna  hijau, aduk rata. Didihkan kembali. Angkat. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata sisihkan.
-          Ambil gelas, tuang sirup, beri nata de coco, serutan mentimun,  jelly, es batu kotak dan selasih.
-          Es mentimun siap disajikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar