Selasa, 17 Juni 2014

Pie Kelapa Muda # Challenge 5 YKMK#






Lagi dan lagi ikutan challenge YKMK hehehe. Suami sampai heran kalau saya nguprek di dapur mau bikin apa lagi. Tapi kalau sudah dijelaskan bikin PR dari grup, baru deh gak banyak tanya. Secara udah hafal kebiasaan istrinya ini hehehe.
Tapiiii hampir saja saya lupa kalau gak ngubek-ngubek lagi grup dengan setor harian. Kali ini temanya coconut. Beberapa hari yang lalu sudah cari inspirasi makanan atau minuman yang berbahan kelapa. Nah, saking banyaknya resep yang bisa jadi inspirasi bingunglah saya memilihnya. Setelah memantapkan diri, sekaligus dapat inspirasi dari resep buku teman di facebook. Saya putuskan bikin pie kelapa muda. Lagi pula, saya biasa bikin orderan pie susu dengan filling utamanya susu. Nah, kali ini kenapa tidak dikreasikan kelapa mudanya. Nantinya kan bisa jadi varian baru jualan saya. Membuatnya pun mudah dan gak pakai ribet. Tapi hasilnya? Sungguh, enak pakai banget hihihii.
Crust kulitnya berpadu dengan gurihnya kelapa muda, benar-benar memanjakan lidah pecinta pie. Satu saja gak cukup. Karena sepengetahuan saya, variasi pie dari kelapa muda ini belum ada. Biasa yang populer pie apel.  Berikut resep pie kelapa muda ala dapur Ivonie.


Pie Kelapa Muda
Resep by: Ivonie Zahra
Bahan kulit:
150 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt susu bubuk
1 sdm gula halus (peres)
1 kuning telur
¼ sdt garam
75 gr margarin

Bahan filling:
150 gr gula pasir
100 ml susu cair
75 gr kelapa muda parut
1 sdm custard powder
1 sdm air jeruk nipis
2 btr kuning telur
¼ sdt baking powder
Cara membuat:
1. Kulit; Aduk  kuning telur dan gula halus hingga rata. Tambahkan tepung terigu yang sudah diayak bersama susu bubuk  dan garam. Aduk rata, siishkan.
2. Filling: tuang susu cair dalam panci, tambahkan gula pasir. Rebus hingga gula larut. Matikan api. Campur dengan sisa bahan, aduk rata.
3. Ambil 1 sdm isian, tuang dalam kulit pie yang sudah dicetak. Lakukan hingga habis.
4.Panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat celcius kurleb 45 menit hingga matang.
5. Keluarkan dari oven, dinginkan dan lepaskan dari cetakan.
6. Sajikan dengan teh hangat.

1 komentar:

  1. pai kelapa muda nya tahan berapa hari ya bu kalo pakai bahan utama kelapa muda?

    BalasHapus