Selasa, 24 Juni 2014

Sapo Putih Telur

Duh, sudah lama gak update blog. Sebenarnya banyak bahan yang bisa diupload. Hanya saja waktu buat mengetik narasi dan resepnya yang belum bisa. Sampai-sampai foto cuma menumpuk di komputer atau memory card kamera hehehe.

Setelah semalam lembur bikin orderan kacang telur 200 bungkus. Paginya saya beberes dapur sambil mikir mau masak apa. Sebelumnya gak sempat belanja. Lihat isi kulkas pun gak banyak bahan. cuma dua macam sayur. Lihat chiller ada sosis dan putih telur. Itupun gak langsung ketemu ide buat dijadikan sayur.
Mikir lagi, ubek-ubek blog dan koleksi bku masakan. Akhirnya pilihan akhir jatuh pada menu sapo. Jadilah sapo putih telur.
Masak ini penuh perjuangan #tsaah
Ya iyalah, secara bahan udah siap tinggal masak saja. alaram manggil-manggil alias Aiman minta nyusu. Jadilah terjeda. Kelar minum susu, bobok ganteng deh. Lanjut masak. Berikut sapo putih telur seadanya.


Sapo Putih Telur


Bahan:
300 gr putih telur kukus, potong kotak, goreng sampai berkulit
3 buah sosis, potong tipis, bulat
50 gr udang kupas
2 buah wortel, potong tipis, serong
10 lonjor buncis, potong serong
½ buah bawang Bombay, iris memanjang
1 batang daun bawang
 
 Bumbu:
1 sdm saus tiram
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdt kecap ikan
½ sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
½ sdt garam
1 sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Panaskan minyak dalam wajan secukupnya, masukkan bawang putih. tumis hingga harum, tambahkan bawang bombay. Aduk rata hingga bawang bombay layu.
2. Tambahkan udang, masak hingga warnanya kemerahan. aduk rata.
3. Masukkan wortel dan buncis, aduk rata. Tambahkan air, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, gula, garam, merica bubuk dan kecap asin. Aduk rata, masak hingga sayur empuk.
4. Masukkan sosis dan daun bawang. Aduk rata dan masak hingga sosis matang. Tes rasa hingga pas dilidah.
5. Tuang larutan maizena sambil diaduk dan mengental. Matikan api.
6. Sajikan.


Bikin sapo kali ini yang kedua. Pertama pernah bikin yang pakai egg tofu dan tahu biasa. Berhubung saya suka makan yang pedas, saya tambahin saus sambal pas makan dengan nasi hangat. Makin makyus buat saya hehehe

1 komentar: