Jumat, 27 Juni 2014

Kering Tempe


Sejak kecil saya sudah jatuh cinta dengan jenis masakan ini. Ya, dialah kering tempe dan hal itu berlanjut hingga sekarang. Bahkan sewaktu saya merantau ke Hong Kong makanan yang paling saya kangenin, ya kering tempe ini. Jadi setiap ada tetangga atau saudara yang cuti pulang pasti minta dibuatkan sama emak. Bisa dibilang saya pecinta berat yang namanya tempe. Makanya gak heran kalau saya bilang jatuh cinta sama kering  tempe.

Buat lauk makan makin nikmat atau digado alias dimakan begitu saja tetap nikmat. Kalau kemarin-kemarin saya cuma sebagai penikmat alias tinggal makan. kali ini saya beranikan untuk membuat sendiri. Biasanya selain emak, saya minta tolong dibuatkan oleh buleknya suami. 
Bermodalkan resep di blog mbak Diah, saya beranikan diri membuatnya. Beli tempe cuma 2000 ribu sama kacang 100 gram. Resep asli bisa dilihat di sini ya. kalau saya bumbunya bukan diiris melainkan sebagian diuleg. Berikut resep yang saya modif sedikit.


Kering Tempe

Bahan:
1 papan tempe malang
100 gr kacang tanah, goreng

Bumbu:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 buah cabai merah, iris tipis
4 buah cabai merah
2 buah cabai rawit
2 cm lengkuas
2 lembar daun salam
75-100 gram gula merah
1 sdt garam
100 ml air
1 sdm air asam

Cara Membuat:
- Goreng tempe dan kacang tanah sampai kering dan renyah untuk tempenya.
- Haluskan bumbu kecuali cabai merah yang diiris tipis hingga harum, tambahkan daun lengkuas dan daun salam. aduk rata.
- Tuang air, air asam, gula merah dan garam, aduk rata dan masak hingga kental. tambahkan cabai merah goreng. aduk rata.
- Masukkan tempe dan kacang tanah, aduk cepat hingga bumbu tercampur rata.
- Angkat dan simpan dalam wadah jika sudah dingin.
- Sajikan.


Sewaktu jadi, ternyata tempenya punya saya kurang dan memasak bumbunya kelamaan sehingga kata bulek suami saya terlihat gosong. Selain itu saya pakai gula merahnya yang pekat sih, bukan yang kuning meringin itu. Meski belum puas, tapi rasanya lumayanlah buat saya yang baru pertama bikin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar