Senin, 09 Februari 2015

Gulai Pakis


Semalam saya niat ke pasar buat beli pisang, karena ada pesanan cake. Sekalian sih dengan belanja sayur untuk menu hari ini. Akan tetapi belum punya gambaran mau masak apa. Pas sesampainya di pasar, selesai memilih pisang, saya melihat onggokan ikatan daun pakis yang seger-seger. Saya tanya pada ibu penjualnya mengenai harganya. seikat 3 ribu. Tanpa pikir panjang, saya memilih satu ikat dan disertai dengan belanja bumbu lainnya. 

Sampai di rumah, saya diskusikan dengan suami, enaknya dimasak apa. Karena bagi keluarga kami, memasak menu mesti cocok selera saya juga suami, kalau Aiman biasa ada menu sendiri. Awalnya sih suami ragu dan memang asing dengan sayur baru. Eh gak juga sih, dulu pernah masak, tetapi rasanya kurang pas dan suami kesannya jadi kapok kalau saya masakan sayur ini. Nah, pas beli semalam di aksih tips sama ibu penjual biar dimasak jadi enak.
Saya usulkan ke suami buat ditumis saja, tetapi pas buka-buka tabloid masak, dapat inspirasi dimasak pakai santan alias di gulai. Hmm, semoga enak deh dalam hati saya. Pas juga ada sisa kentang dan hati ayam. campur sekalian saja deh biar banyak sayurnya hehehe
  


Gulai Pakis

by : Ivonie Zahra

Bahan :
1 ikan daun pakis, potong pendek
2 buah hati yam, rebus, goreng sebentar
1 buah kentang, kupas, pot dadu, goreng sebentar
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 buah asam kandis
1 lembar daun jeruk, buang tulang punggungnya
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt kaldu bubuk
750 ml santan kental

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 buah bawang putih
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 buah cabe merah besar
3 buah cabe rawit merah

Cara membuat :
1. Cuci bersih daun pakis, rendam dengan air panas kurleb 10 menit, tiriskan.
2. Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan daun jeruk, lengkuas dan serai, aduk rata.
3. Masukkan santan, tambahkan daun pakis. aduk rata. masak hingga daun pakis empuk.
4. Tambahkan kentang dan hati ayam, aduk rata. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. 
5. masak hingga mendidih sambil diaduk.
6. Angkat dan sajikan. 
;


Tidak ada komentar:

Posting Komentar