Selasa, 17 Februari 2015

Mangut Lele

Sewaktu pergi ke kondangan nikah teman semasa kerja di Hong Kong, pulangnya saya mampir rumah bulek. Kebetulan jalurnya searah, sebelumnya mampir kios pinggir jalan beli ubi ungu, mumpung lewat daerah yang banyak jual pula. Sesampai di rumah bulek, ngobrol-ngobrol sebentar, suami mengajak pulang. Saat mau pulang, bulek menawari saya ikan lele hasil memancing paman. Saya iyakan saja, masalah nanti dimasak apa, urusan belakang. Pas bangetlah di rumah belum ada stok bahan buat masak besoknya.


Sesampai di rumah, ikan lele dikasih garam bagian mata biar mudah menyianginya. Soalnya kalau dipukul begitu saja, masih tetap hidup kata paman saya. Cuci bersih, saya simpan dalam freezer. Namun apalah daya, pagi badan rasanya capek semua dan saya gak sanggup kalau harus pagi-pagi masak. tertundalah rencana mau memasak ikan lele tersebut.

Baru hari ini beneran saya niatkan mengolahnya. Badan sudah lumayan fit, resep saya dapat dari teman di facebook. Berikut resep takaran menurut saya, karena mbak Arik, teman yang mengasih resep gak ada takarannya, cuma kira-kira hehehe.

Mangut Lele

Resep : Arik Yulfianti

Bahan :
1 kg ikan lele
1 buah tahu, pot kotak
3 buah cabe hijau, pot serong
3 buah cabe rawit merah, utuh
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 buah cabe merah besar, iris serong
700 ml santan
2 batang daun kemangi, siangi

Bumbu yang diiris :
2 siung bawang putih, iris tipis
6 buah bawang merah, iris tipis
4 buah cabe rawit merah, iris serong

Cara membuat:
1. Tumis bumbu iris hingga harus, tambahkan lengkuas, daunsalam, cabe hijau dan merah, aduk rata.
2. Tambahkan tahu dan ikan lele, aduk rata.
3. Tuang santan perlahan, masak hingga kuah santan menyusut.
4. Sebelum diangkat, masukkan daun kemangi, aduk rata.
5. Angkat, sajikan dengan nasi hangat.

Alhamdulillah, kata suami enak, bumbunya seprti bumbu kotokan tongkol. Makan pun jadi menyelerakan dan saya semangat lagi untuk setiap hari memasak kalau tidak kecapekan hehe.

NB: ikan lele sebelumnya dilumuri garam, lalu di goreng. Supaya ikan tidak hancur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar