Rabu, 18 Februari 2015

Tumis Genjer Ikan Asin

Sayuran ini mengingatkan masa kecil saya. Setiap pergi ke sungai untuk mencuci baju dan melewati persawahan yang selesai dipanen dan belum sempat dibajak. Sering saya temukan tumbuhan genjer yang hijau-hijau segar. Biasa emak memasaknya dengan ditumis diberi campuran ebi,  nikmat sekali rasanya. 

Di zaman sekarang, sayur ini bisa dibilang langka. Apalagi untuk daerah perkotaan tempat tinggal saya sekarang. kebetulan kemarin saat belanja cabe hijau dan daun kemangi di tetangga, ada ibu-ibu sudah sepuh menenteng tas putih berisi sayuran, termasuk genjer ini. 
Beliau sempat menawarkan ke penduduk sekitar, hanya saja tidak ada yang berminat. Pikiran saya langsung nyala, apa salahnya kalau saya beli. kepengin masak tumis genjer. Akhirnya saya tanya harganya per ikat, beliau bilang 1000/ikat dan tinggal 3 ikat. Saya ambil semua deh, sempat menawarkan kangkung, tetapi saya tolak karena kebetulan juga sudah beli kangkung.

Dan baru hari ini saya sempatkan memasaknya. Karena tidak punya ebi, saya campur dengan ikan asin. pas banget ada stok di lemari dapur, daripada keburu rusak nantinya. Berikut resep sederhana ala saya.

Tumis Genjer Ikan Asin

Bahan :
3 ikat genjer, potong 5 cm
6 buah ikan asin, goreng pot jadi 2
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan.
1 sdt minyak ikan
1 sdt garam
1 sdm gula pasir

Bumbu yang diiris :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabe rawit merah
1 buah cabe merah besar

Cara membuat :
1. Panaskan wajan, beri minyak secukupnya, tumis bumbu iris, lengkuas dan daun salam, tumis hingga harum. Tambahkan cabe rawit dan merah, aduk rata.
2. Masukkan genjer, aduk rata. Tambahkan gula, garam dan minyak ikan, aduk rata. Masak hingga sayur layu.
3. Sebelum diangkat masukkan ikan asin, aduk rata.
4. Matikan api, tuang dalam piring, sajikan.

Setidaknya masakan ini mengobati rindu akan desa dan masa kecil yang penuh cerita.


2 komentar:

  1. alamaakk langsung nyidam pengen masak genjer nih daku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo masak mbak, saya juga pengen masak lagi :D

      terima kasih sudah berkunjung dan salam kenal mbak ^_^

      Hapus