Senin, 11 November 2013

Klappertart Labu Kuning Kukus




Yuhuuuuuuuy, akhirnya kesampaian juga bikin klappertart. Sudah lama dengar kue ini namun baru sekarang terealisasi. Saya mengentahui kue ini berawal dari menjaga stand pameran milik teman. Nah, di sebalah stand temen saya itu produknya kue klappertart namun saya belum sempat beli. Baru sekedar penasaran.

Dan tidak sengaja melihat postingan foto teman yang habis bikin klappertart, saya makin penasaran dan pengen belajar bikin. Momentnya pun pas, Hari Minggu kemarin suami libur dan tidak ada lembur. Ada kakak ipar dan ponakan suami pada kumpul di rumah.
Bisa dibilang ini bikinnya ngebut lho, keburu kakak ipar pulang karena beda rumah. Lagipula takut kelapa mudanya rusak karena kelaman di simpan. Saya beli sudah dua hari sebelumnya. So, baby lagi banyak yang pegang, saya nguprek sendiri di dapur. Kali ini saya mencoba bikin klappertart labu yang dikukus. Sengaja praktek yang dikukus dulu, apabila gagal tak mengecewakan banget.
Dari sekian resep yang saya cari di internet, saya tertarik mencoba resep di kueenak.com tapi tetap disesuaikan dengan bahan yang ada alias saya modifikasi versi saya. Menurut saya yang pemula, ini mudah dan saya belum begitu paham klappertart yang enak dan yummy itu seperti apa. Dan inilah resepnya…

Klappertart Labu Kuning Kukus

Bahan :
              125 gram labu kuning, dipotong-potong kotak
1 butir kelapa muda, dikeruk lebar
400 ml santan ( 2 bungkus kara yg kecil tambah air hangat)
2 lembar daun pandan, diikat
25 gram maizena
1 1/2 sendok makan tepung terigu protein sedang
100 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
4 butir telur, dikocok lepas

Bahan pelapis:
2 kuning telur
2 sendok makan gula pasir
150 ml susu cair rasa vanilla

Bahan taburan (aduk rata):
1 sendok teh cokelat bubuk
1/4 sendok teh kayumanis bubuk
              Cara Membuat:
1.                  Rebus santan, daun pandan, maizena, tepung terigu, gula dan garam sambil diaduk sampai kental dan meletup-letup. Angkat.
2.                  Masukkan telur . Aduk rata. Tambahkan kelapa muda dan labu. Aduk rata.
3.                  Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas bervolume 250 ml.
4.                  Kukus di atas api kecil 45 menit sampai matang.
5.                  Pelapis, kocok kuning telur dan gula pasir hingga kental. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Tuang di atas klappertart.
6.                  Kukus di atas api kecil 20 menit hingga matang.
7.                  Taburi bahan taburan. Sajikan hangat.
Untuk 7 buah
Sewaktu proses pengukusan yang pertama, lapisan atas klappertart sempat menggelembung. Saya kira itu menggembang. Begitu saya keluarkan dari dandang pengukus, ternyata kembali datar sehingga masih ada space buat lapisan atasnya hehehe.
Maklum, namanya juga masih pertama bikin dan belajar. Dan begitu klappertart matang, angkat dibiarkan agak hangat lalu diberi taburan. Nah, pas memberi taburan ini saya terlalu bersemangat sehingga menurut saya terlalu banyak dan menutupi permukaan atas kalppertart-nya hehehe

Begitu kelar ditabur  langsung saya foto-foto terlebih dahulu untuk dokumentasi plus penyaluran hobi motret makanan pula. Selesai difoto langsung diserbu ponakan dan kakak ipar. Kata mereka enaak, terbukti sisa di mangkok itu tinggal separuhnya. Next time saya pengen mencoba yang dipanggang. Di bawah ini foto salah satu ponakan yang sering jadi tukang icip-icip kue-kue saya hehehe

1 komentar: