Jumat, 16 Mei 2014

Brownies Kukus Ubi Ungu



Bismillahirohmanirohim
Di rumah ada beberapa buah ubi cilembu yang lama gak saya olah. Terbersit untuk memberdayakan ketimbang jadi tumbuh tunas. Pilihan saya jatuh pada brownies ubi ungu. Sebenarnya sudah lama ingin bikin brownies ubi, hanya saja niat saya gak penuh hehe #alesan malas

Baru kemarin benar-benar tergerak untuk membuatnya. Selain itu buat pemanasan karena Minggu depan ada pesanan brownies ubi ungu. Hitung-hitung belajar bikin brownies dari umbi dan juga teksturnya yang moist.
Setelah browsing dan ngubek-ngubek buku resep, akhirnya memberanikan diri mengutak-atik bikin resep sendiri. Yah, meski sambil was-was karena takut gagal, apakah takarannya udah paa? Apa nantinya jadi bantet.
Oh iya, berhubung saya pakai ubi cilembu, untuk ungu pakai pewarna ungu. Tentu saja hasilnya beda, warnanya gak secantik kalau pakai ubi ungu asli ya. Berikut resepnya;


Brownies Kukus Ubi Ungu
Bahan A:
225 gula pasir
6 butir telur ayam
1 sdt emulsifier
½ sdt garam

Bahan B:
200 gr tepung terigu pro sedang
150 gr ubi cilembu, kukus dan haluskan
1 sdm susu bubuk
20 gr tepung maizena
1 sdt baking powder

Bahan C:
100 gr margarine
50 ml santan
100 gr white chocolate

Bahan D:
50 gr keju cheddar
20 gr coklat bubuk
Pewarna ungu secukupnya

Cara membuat:
-          - Siapkan loyang ukuran 20 cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti, diolesi lagi dengan margarine tipis, sisihkan.
-          - Siapkan bahan C, lelehkan margarine, tambahkan santan dan coklat putih, sisihkan.
-          - Kocok bahan A sampai putih, kental dan mengembang dengan mixer kecepatan tinggi. Kemudian masukan bahan B sambil diayak dan dikocok mixer dengan kecepatan rendah hingga rata.
-          - Tuang bahan C, aduk rata dengan spatula.
-          - Bagi adonan menjadi dua, satu adonan tambahkan coklat bubuk, aduk rata. Satunya tambahkan pewarna ungu, aduk rata.
-          - Tuang adonan coklat dalam loyang, ratakan. Dan hentak-hentakan supaya ketika dikukus tak berpori-pori besar. Kukus selama 10 menit.
-          - Keluarkan dari kukusan, beri parutan keju cheddar. Tuang adonan ungu di atasnya, ratakan dan hentak-hentakan pelan.
-          - Kukus kembali 20-25 menit hingga matang (tes tusuk).
-          - Keluarkan dari loyang, dinginkan. Potong-potong, hias sesuka hati dan sajikan.

Sempat terjadi insiden sewaktu mencampurkan ubinya. Ternyata gak bisa menyatu karena saya salah teknik. Baru sadar setelah mau dicampurkan huhuhu. Sehingga masih terlihat tekstur ubinya. Tapi justru terasa banget ubinya.

2 komentar:

  1. itu yang bawah lucu mbak kayak batik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teteh, itu ceritanya lagi belajar bikin batik di atas brownies xixixi

      Hapus