Kamis, 29 Mei 2014

Rujak Kangkung # Masbar Salad #





Menu sederhana ini merupakan favorit saya. Ya, dialah rujak kangkung. Sejak kapan saya berkenalan dengan menu ini? Sewaktu saya umur 7 tahunan. Saya suka pedas dan ibu saya sering membuatnya. Dalam ingatan masa kecil, saya hanya bisa melihat ibu melahap menu dengan nikmatnya. Barulah saya beranjak besar diperbolehkan ikut mencicipi.

Kini, saya dengan leluasa bisa membuat dan memakannya. Cara dan bahannya pun sederhana dan praktis. Hanya saja, kelemahan saya dalam membuat sambalnya. Entah mengapa menurut saya ketika membuat sambal kurang sedap. Tidak seperti buatan ibu atau saudara ipar saya yang jago bikin sambal. Tapi saya gak mau menyerah dong. Intinya, terus belajar menyelarasakan bahan dan takaran.
Kali ini saya bikin rujak kangkung dengan sambal yang lebih sedap. Berikut resep sederhana saya.

Rujak Kangkung
Bahan:
2 ikat kangkung, siangi
2 buah cabe merah keriting
1 buah cabe rawit
1 siung bawang putih
1 ½ sdt garam
1 sdt asam jawa
1 sdm gula merah
Air secukupnya

Cara membuat:
-      - Cuci bersih kangkung, didihkan air. Beri sedikit garam dan minyak.
-      - Masukkan kangkung, rebusa sampai batang kangkung lunak, angkat tiriskan.
-      - Haluskan bumbu sambal, tambahkan air hingga kekentalan sambal dirasa cukup.
-      - Atur kangkung di piring, siram dengan sambal. Sajikan.

Rujak kangkung ini bisa dimakan begitu saja tanpa nasi.

2 komentar: