Jumat, 23 Mei 2014

Mangut Ikan Patin Pedas

Beberapa hari absen gak masak alias beli atau makan lauk seadanya. Suami mulai protes pengen masakan istrinya. Baikalh, kulkas mesti ada isinya dong. Tapi selalu berujung di kebingungan mau dimasak apa?

Pas main ke rumah bulek, depan rumahnya ada pohon belimbing wuluh. Binar-binarlah mata saya. Akhirnya nyuruh suami dan ponakan buat metikin. Alhamdulillah dapat satu plastic kecil. Bawa pulang. Dalam angan-angan pengen dimasak pindang ikan gitu.
Semalam beli ikan, pengennya masak pindang bandeng. Gak ada. Cuma ada patin, mujair dan ikan kuniran. Pilihan jatuh pada ikan patin yang ndilalah, tinggal 1 ekor. Ya sudahlah, itu yang saya beli.
Di awal mau dimasak pindang patin. Dulu sudah pernah mencoba. Buka kompi, ubek-ubek bentar. Cling, dapat referensi. Bikin mangut saja. Yes! Akhirnya saya masak mangut ikan patin pedas. Resep saya ambil dari web resep masakan yang sudah saya bookmark di kompi. Berikut resepnya. Berhubung berat ikannya Cuma 350 gram, takaran bumbunya saya kurangi deh.


Mangut Ikan Patin Pedas
Bahan:
500 gr ikan patin, potong jadi 4 bagian
1 bh jeruk nipis
¼ sdt garam
3 sdm minyak untuk menumis
5 bh belimbing wuluh, iris 1 cm
10 bh cabai rawit
2 lbr daun jeruk
2 btg serai, memarkan
2 bh asam kandis
1 sdt garam

Haluskan:
7 bh bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
2 cm kunyit
2 cm laos
4 btr kemiri
½ sdt ketumbar

Cara membuat:
1. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 30 menit.
2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan dalam air mendidih, tambahkan serai, daun jeruk, cabai rawit, asam kandis, masak hingga bumbu matang.
3. Masukkan ikan patin, belimbing wuluh, masak hingga semua bahan matang.
Sajikan selagi hangat.
Untuk 6 Orang.



Rasanya segar masam dan pedas gitu. Cocoklah untuk menu makan siang yang panas-panas begini.Semoga suami cocok deh. Secara agak gak suka olahan iakn berkuah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar