Minggu, 11 Mei 2014

LBT # 32 Almond Pretzel Bread



Pretzel bread? Apaan tuh?
Begitulah pertanyaan saya dalam hati waktu PR LBT # 32 diumumkan. Secara nama itu benar-benar baru saya dengar dalam dunia baking #kudet banget ya. Setelah baca deskripsi yang disampaikan ibu host berikut,
“Secara umum kita mengetahui bahwa Pretzel Bread berasal dari dataran Eropa timur. Di setiap negara  memiliki ciri khas tersendiri baik dalam bahan adonan roti dan tentunya pada rasa. Akan tetapi dalam pembuatan Pretzel bread hampir sama untuk semua jenisnya. Yang harus diingat adalah bahwa Pretzel Bread memiliki salah satu khas dari bentuk yang terlihat seperti bundaran melingkar.”

Dan setelah tahu deskripsinya, saya dibuat penasaran dengan bentuknya. Akhirnya googling dan menemukan gambar roti yang melilit-lilit hihihi. Untuk resep saya sempat googling ke web JTT dan sajian Sedap. Akhirnya diputuskan untuk memakai resep sajian sedap karena saya suka almond.
Yup, saya mantab bikin almond pretzel bread. Berhubung baru pertama bikin, jelas gak berani mengutak-atik resep dong. Resepnya sama persis hanya takaran air saya kurangi, begitu saja masih kelembekan karena kebanyakan menuangnya. Jadilah tepungnya saya tambahkan.
Bikin roti itu perjuangannya sewaktu menguleni, tangan harus tahan pegel deh hihihi. Setelah itu deg-degan menunggu adonan bisa mengembang tidaknya. Waktu yang saya pakai melebihi di resep karena pengen benar-benar bisa mengembang. Berikut resep almond pretzel bread-nya.

Almond Pretzel Bread
Bahan:
400 gram tepung terigu protein sedang
50 gram almond bubuk
1/2 sdm ragi instan
50 gram gula pasir
200 ml air es
2 sdt garam
Bahan Pencelup:

1.000 ml air
10 gram soda kue

Bahan Olesan (aduk Rata):

1 kuning telur
1 sdm susu cair coklat

Bahan Taburan:

25 gram almond cincang kasar

Cara membuat:
  1. Campur tepung terigu, almond bubuk, ragi instan, dan gula pasir. Uleni rata. Masukkan air dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
  2. Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 50 gram. Bulatkan.
  3. Gulung adonan memanjang menggunakan tangan diatas meja yang ditabur tepung terigu. Bentuk pretzel. Tekan dengan lipatan dibagian bawah. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Pencelup, didihkan air. Matikan api dan tambahkan soda kue. Aduk rata. Letakkan pretzel di saringan. Celup ke pertzel ke pencelup 30 detik hingga semua bagiannya terendam. Angkat dan tiriskan.
  5. Letakkan di loyang yang dioles margarin. Oles dengan bahan olesan. Tabur almond.
  6. Oven 12 menit dengan suhu api bawah 180 derajat Celsius dan api atas 190 derajat celcius sampai matang.


Di resep aslinya jadi 14 buah, punya saya Cuma jadi 12 buah. Hasilnya? Agak bantet tapi menurutku masih empuk sewaktu digigit. Permukaanya pun gak coklat karena pas memanggang denga api atas, takut kegosongan hahaha. Dan sudah gak sabar pengen nyobain.
Yup, sekali nyoba saya habis 3 buah saudara-saudara. Jelas ini bukan nyoba namanya tapi memang makan ya hahaha. Next, pengen mencoba resep lain deh.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar