Jumat, 15 Agustus 2014

Banana Claufotis





Kemarin sudah bikin muffin. Ternyata masih ada sisa 3 biji pisang, pas dikupas yang satu sudah benyek sih.
Mikir enaknya dibikin apalagi, sharing ide di status facebook, macem-macem sarannya. Lagi-lagi saya pengen bikin yang praktis dan simpel gitu.


Sambil memantau ide dan saran teman, saya jug asyik browsing blog teman-teman. Sasaran saya blog punya mbak Hesti dan mbak Rika. Di mbak Hesti kebanyakan pakai pisang raja. Nah pas di blog mbak Rika ini menemukan resep yang pakai pisang Ambon dan bikinnya pun gampang. Bahan semua juga punya. Capcus deh ke dapur. Manasin oven terus disambil menyiapkan yang lain.

Resep asli Banana Claufotis ada di sini ya. Gak tahu sejarahnya kenapa dinamakan begitu. Soalnya mbak Rika juga dapat resep dari teteh Rosdinar :D. Ini resep yang saya pakai tadi.

Banana Claufotis

Bahan:
2 buah pisang
50 gr tepung terigu
1 butir telur
38 gr gula pasir
125 ml susu cair full cream
1 1/2 sdm whipped cream (saya pakai yg bubuk+sedikit air)
25 gr margarin, cairkan

Cara membuat:
-Panasakan oven dengan suhu 170 derajat celcius
-Siapkan pinggan tahan panas, potong pisang tebal 1/2 cm, susun di pinggan.
-Siapkan mangkok adonan, ayak tepung terigu, masukkan telur aduk rata dengan balon whisk sampai adonan halus.
-Tambahkan susu, whipped cream dan gula, aduk rata. Tuang margarin cair, aduk rata kembali.
-Tuang adonan ke dalam pinggan tahan panas yang berisi tatanan pisang sedikit demi sedikit.
-Panggang dalam oven hingga matang selama 30-40 menit. Lakukan tes tusuk, jika tusukan sudah bersih tidak ada adonan yg menempel tandanya matang.

Alhamdulillah rasanya enaak, teksturnya legit. Suami nyicip sekali eh minta lagi. Anak saya pun juga suka. Senangnya bisa bikin cemilan yang disukai keluarga. 

2 komentar:

  1. Ini lembut apa padet teksturnya teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padat tetapi rasanya legit mbak Lina , cobain deh. kalau mau lebih lembut bisa tambahkan telur :)

      Hapus