Kamis, 14 Agustus 2014

Banana Muffin with Struesel Choco Chip


Baking again!
Akhirnya setelah baking blue akibat pesanan kue kering lebaran kemarin. Hari ini sedikit memaksakan diri bersinggungan dengan loyang dan oven. Kemarin-kemarin loyang saya simpan di loteng. Gegara lihat stok pisang matang yang banyak, pengen bikin kue yang simpel dan gak pakai ribet. Apalagi mesti mengeluarkan mixer. Ntar dulu deh kalau itu hehehe.




Pas banget mbak Eliza posting banana muffin. Akhirnya semakin kuat keinginan buat baking, secara dari kemarin pengen cari resep muffin gitu. Dulu pernah buat sih, cuma pengen saja mengeksplor resep lain. Sewaktu lihat resepnya pakai bahasa Inggris euy. Langsung mengkeret, bisa gak ya menterjemahkan versi saya hehehe. Maklum, bahasa Inggris saya payah. Daan ada bahan yang saya gak punya plus sendok takarnya huuhuhu. Setelah banyak tanya sama mbak Liza,bismillah. Saya pakai takaran sendok teh jadinya hihihi.

Sewaktu memanggang sempat insiden, gas kompor habis. Buru-buru deh beli di warung depan. Selain itu entah karena saya nuangnya kepenuhan atau komposisi bahannya yang keliru. Pas manggang jadi meluber deh. Resep aslinya bisa dilihat di sini  . Berikut resep versi saya ya.


Banana Muffin with Struesel Choco Chip

Bahan:
6 buah pisang ukuran sedang, haluskan
3/4 cup (200 ml) minyak sayur/goreng
1 cup gula pasir
3 butir telur
50 ml susu cair

 2 cup tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam
 1 sdt vanilla (optional)

Bahan Struesel:
1 sdm almond bubuk
1 sdm gula palem
1 sdt kayu manis bubuk
 2 sdm choco chip

Cara membuat:
- Panaskan oven 180 derajat celcius.
- Campur gula dengan pisang yang dihaluskan, aduk dengan wishk. Tambahkan minyak sayur, telur dan susu cair. Aduk rata.
- Campur adonan kering dan basah, aduk rata sebentar saja. Jangan terlalu lama mengaduk.
-Tuang dalam cup muffin 3/4 saja, beri struesel dan choco chip. Panggang kurleb 45 menit hingga matang.


Tekstur muffin ini soft dan moist. Serta crunchy di luarnya. Enak deh. Alhamdulillah suami suka, pulang kerja langsung nyomot dan bilang enaak.


4 komentar:

  1. hehehehe.. ini yang kemaren diposting Ihwan di grup WA ya :D
    Looks yummi von....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bosen nyemil jajan sisa lebaran. tapi amsih maleees mau baking sampai2 beli jajan di luar
      Kemarin lihat pisang nganggur akhirnya bikin deh :D

      Hapus
  2. Gak punya oven, kalo pake happy call bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak Dee. aku malah g punya happy call xixixix

      Hapus